Paket Wisata Jogja

Paket Wisata Jogja adalah paket berwisata di tempat santai nan santuy yang jadi ikonik wisata di Jogja. Namun sekarang banyak orang yang justru ingin wisatanya spesial. Berkunjung ke lokasi yang belum banyak terjamah oleh wisatawan lainnya. Dan berikut adalah beberapa pilihannya:

Paket Wisata Jogja ke Candi

Kalo selama ini yang terkenal adalah dua candi padahal lokasinya sudah ada di pinggiran kota Yogyakarta. Yaitu candi Prambanan yang terletak di Prambanan, Sleman perbatasan propinsi DIY dan Jateng. Dan candi Borobudur yang terletak di kab. Magelang . Ternyata di Yogyakarta ada beberapa spot candi yang bisa jadi pilihan untuk Paket Wisata Jogja :

  • Kawasan candi Ratu Boko lokasi indah untuk memandang matahari saat terbenam.
  • Karena dekat bandara Adi Sucipto, dari candi Ijo anda bisa melihat lalu lalang pesawat terbang.
  • Candi Plaosan letaknya dekat dengan Prambanan.
  • Candi Kalasan candi Buddha tertua yang ada di Jogja.

Jadi wisata candi bukan hanya di dua lokasi candi yang terkenal (candi Prambanan dan Borobudur) saja. Meski belum terkenal, namun candi-candi tersebut layak untuk dikunjungi. Buat anda yang tidak terlalu suka keramaian pilihan candi tersebut di atas sebagai alternatif rekreasi yang bagus.

Wisata Seni

Jogja terkenal sebagai kota seni. Dengan kraton Ngayogyakarta sebagai pusat seni dan budaya. Menjadikan Jogja sebagai magnet wisata seni dan budaya. Ada beberapa lokasi wisata seni dan budaya yang ada di Jogja. Tapi beberapa lokasi ini butuh waktu yang tepat, karena tidak diselenggarakan setiap saat. Anda bisa mengunjungi acara tersebut dengan sekaligus mengikuti Paket Wisata Jogja.

Paket Wisata Seni Yang Terjadwal

Beberapa wisata seni yang perlu dicek kembali penyelenggaraannya, adalah :

  • Prambanan Jazz adalah acara musik festival dengan latar belakang candi Prambanan. Banyak musisi jazz dari tanah air dan manca negara yang tampil di sana. Cek websitenya untuk tahu kapan akan diselenggarakan. Sehingga bisa menyesuaikan dengan tanggal liburan.
  • Festival Kesenian Yogyakarta adalah event seni dan karya seni yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Jogja.
  • Jogja Gamelan Festival adalah acara festival gamelan terbesar di Jogja.

Masih banyak acara seni lainnya, mulai dari seni pertunjukan tari, sampai seni pameran lukisan. Anda bisa melihat bagaimana seniman Jogja berkarya dan memamerkan hasil karya seninya. Silakan cek jadwal penyelenggaraannya sebelum memutuskan untuk memesan Paket Wisata Jogja di tempat kami. Sebagi informasi, beberapa acara tersebut diselenggarakan gratis.

Paket Wisata Seni Yang Rutin Penyelenggaraannya

Selain event di atas, ada juga wisata seni dan budaya Jogja yang terjadwal rutin penyelenggaraannya. Berikut beberapa pilihannya :

  • Sendratari Ramayana, acara ini lokasinya ada di Prambanan dan diselenggarakan pada malam hari.
  • Pentas tari-tarian dan gamelan di Keraton Jogja yang bisa anda nikmati pada hari-hari tertentu.
  • Jemparingan lokasi di wilayah kraton Jogja. Di sini anda bisa merasakan sensasi memanah tradisional. Jangan lupa pakai pakaian jawa kebaya atau lurik.

Paket Wisata Jogja bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin tamasya menikmati pantai bisa berwisata ke pantai di sekitar Gunung Kidul. Banyak pantai di sepanjang jalur selatan yang melintasi wilayah Gunung Kidul. Pantainya bersih, indah dengan keunikannya masing-masing.

Jika anda ingin piknik menikmati wisata pegunungan yang sejuk bisa menuju ke arah utara. Di Kaliurang yang terletak di lereng gunung Merapi adalah tempat yang indah dan sejuk. Cocok sebagi tempat liburan untuk relaksasi.

Selain di Kaliurang, bagi anda yang ingin wisata di tempat yang sejuk bisa mengunjungi hutan pinus Mangunan, Puncak Becici atau pinus Pengger.

Dan jika ingin wisata sungai dari rafting sampai offroad bisa pergi ke Kulonprogo. Yang terakhir jangan lupa untuk city tour, wisata kuliner dan belanja di kawasan Malioboro dan sekitarnya.

Obyek Paket Wisata Jogja Yang Direkomendasikan

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi referensi. Walaupun sudah sudah pernah berkunjung ke sana tapi tidak bosan-bosan untuk kembali.

tour jogja murah ke hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Mangunan
paket study tour ke yogyakarta 3 hari 2 malam
Tebing Breksi
pantai parang tritis jogja
Pantai Parangtritis
  1. Malioboro
  2. Keraton Ngayogyakarta
  3. Taman Sari
  4. Pantai Parangtritis
  5. Pantai Goa Cemara
  6. Sky HeHa
  7. Hutan Pinus Mangunan
  8. Pinus Puncak Becici
  9. Tebing Breksi
  10. Candi Ratu Boko
  11. Candi Prambanan
  12. Kaliurang
  13. Merapi Lava Tour
  14. Goa Pindul
  15. Pantai Indrayanti
  16. Pantai Sadranan
  17. Desa Wisata Pentingsari
  18. Dan masih banyak lagi.

Selain itu ada beberapa lokasi wisata di luar Jogja yang biasa dikunjungi oleh wisatawan Paket Wisata Jogja. Obyek wisata itu adalah :

  1. Candi Borobudur di kabupaten Magelang.
  2. Ketep Pass di kabupaten Magelang.
  3. Candi Gedong Songo di kabupaten Semarang.
  4. Dieng di kabupaten Banjarnegara.
  5. Baturraden di kabupaten Banyumas.
  6. Dan masih banyak lagi.

Pilihan Durasi Waktu dan Start Keberangkatan

Bagi anda, komunitas, instansi yang mau menyelenggarakan: family gathering, company tour, wisata rombongan, dll. Bisa menghubungi kami di nomer telpon : 0819-5864-3820. Atau klik hubungi kami di bawah ini untuk informasi dan pemesanan:

Follow Us On

Sekilas Tentang Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menimbulkan penyingkatan nomenklatur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta sering dihubungkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. 

Walau secara geografis merupakan daerah setingkat provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta ini terkenal di tingkat nasional, dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami beberapa bencana alam besar termasuk bencana gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006, erupsi Gunung Merapi selama Oktober-November 2010.

Sejarah Yogyakarta

Sebelum Kemerdekaan

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri atau  disebut Zelfbestuurlandschappen / Daerah Swapraja. Yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Sedangkan Kadipaten Pakualaman didirikan oleh Pangeran Notokusumo (saudara Sultan Hamengku Buwono II) yang bergelar Adipati Paku Alam I pada tahun 1813.

Pemerintah Hindia Belanda mengakui Kasultanan dan Pakualaman sebagai kerajaan dengan hak mengatur rumah tangganya sendiri yang dinyatakan dalam kontrak politik. Kontrak politik yang terakhir Kasultanan tercantum dalam Staatsblaad 1942 Nomor 47, sedangkan kontrak politik Pakualaman dalam Staatsblaad 1941 Nomor 577. 

Eksistensi kedua kerajaan tersebut telah mendapat pengakuan dari dunia internasional, baik pada masa penjajahan Belanda, Inggris, maupun Jepang. Ketika Jepang meninggalkan Indonesia, kedua kerajaan tersebut telah siap menjadi sebuah negara sendiri yang merdeka, lengkap dengan sistem pemerintahannya (susunan asli), wilayah, dan penduduknya.

Setelah Kemerdekaan

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Sri Sultan Hamengkubuwana IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan kepada Presiden RI, bahwa Daerah Kasultanan Yogyakarta dan Daerah Pakualaman menjadi wilayah Negara RI. Bergabung menjadi satu kesatuan yang dinyatakan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sri Sultan Hamengkubuwana IX dan Sri Paku Alam VIII sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Hal tersebut dinyatakan dalam :

  1. Piagam kedudukan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 19 Agustus 1945 dari Presiden RI.
  2. Amanat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 5 September 1945 (dibuat secara terpisah).
  3. Amanat Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 30 Oktober 1945 (dibuat dalam satu naskah).

Peran Yogyakarta dalam Republik Indonesia

Dalam sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), DIY mempunyai peranan yang penting. Terbukti pada tanggal 4 Januari 1946 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949 pernah dijadikan sebagai Ibu kota Negara Republik Indonesia. Tanggal 4 Januari inilah yang kemudian ditetapkan menjadi hari Yogyakarta Kota Republik pada tahun 2010.

Pada saat ini Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwana X. Dan Kadipaten Pakualaman dipimpin oleh Sri Paku Alam X. Yang sekaligus menjabat sebagai Gubernur, dan Wakil Gubernur DIY. Keduanya memainkan peran yang menentukan dalam memelihara nilai-nilai budaya, dan adat istiadat Jawa dan merupakan pemersatu masyarakat Yogyakarta. (Sumber dari : wikipedia)

Paket Wisata Jogja

Perlu Bantuan.? Silahkan chat via Whatsapp.!
Shares