Merapi Lava Tour

Merapi Lava Tour – Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.930 mdpl, per 2010) (bahasa Jawa: ꦒꦸꦤꦸꦁꦩꦼꦫꦥꦶ, translit. Gunung Mêrapi) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa. Dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Gunung ini memiliki potensi kebencanaan yang tinggi. Karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali. Dan dikelilingi oleh permukiman yang padat.

Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat. Berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1.700 meter. Dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. 

Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes). (sumber dari : wikipedia)

Letusan Gunung Merapi 2010

Pada akhir Oktober 2010, Gunung Merapi di Jawa Tengah, memulai serangkaian letusan yang semakin dahsyat berlanjut hingga November. Aktivitas seismik di sekitar gunung berapi meningkat dari pertengahan September dan seterusnya. 

Puncaknya pada semburan lava dan abu berulang kali. Kolom letusan besar terbentuk. Menyebabkan banyak aliran piroklastik menuruni lereng gunung berapi yang padat penduduk. Letusan Merapi saat itu dikatakan oleh pihak berwenang sebagai yang terbesar sejak tahun 1870-an.

Banyak korban yang meninggal dalam bencana tersebut. Salah satunya adalah juru kunci Gunung Merapi, Mbah Marijan.

Gunung tersebut terus meletus hingga 30 November 2010. Pada 3 Desember 2010 status siaga resmi diturunkan menjadi level 3, dari level 4, karena aktivitas erupsi telah mereda.

Wisata Merapi Lava Tour

Pasca erupsi Merapi 2010 tersebut, mulailah wisata Merapi Lava Tour dengan menggunakan motor trail yang menjadi favorit wisatawan. Setelah itu barulah wisata Merapi Lava Tour menggunakan mobil Jeep sampai sekarang.

Dengan mobil Jeep ini wisatawan akan melakukan adventure Merapi menyusuri kawasan yang terdampak erupsi gunung Merapi pada tahun 2010. Perjalanan jeep offroad  ini memacu adrenalin kita karena akan melawati jalan yang terjal maupun curam.

Di sepanjang perjalanan lavatour Merapi akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Melewati makam masal korban erupsi Merapi tahun 2010 di Dusun Tangkisan. Jalur Kali Opak dan Kali Gendol yang menjadi jalur utama lava panas Gunung Merapi.

Yang paling menarik adalah wisatawan bisa mengeksplorasi sisa letusan Gunung Merapi dari berbagai sudut. Tidak hanya melihat gunung Merapi saja dengan jeep offroad. Namun juga akan melihat keindahan alam sekitar. Bisa juga melihat matahari terbit di pagi hari atau matahari terbenam di sore hari jika cuaca bersahabat.

Tempat Yang Akan Dikunjungi

Rute dan tempat yang akan dikunjungi Merapi Lava Tour tergantung dari harga, durasi waktu yang akan ditempuh. Yaitu:

  1. Short Trip
  2. Medium Trip
  3. Long Trip
  4. Sunrise Trip

Untuk paket wisata Jogja yang ada pada Ratunya Travel, memakai Merapi Lava Tour dengan rute Short Trip. Hal tersebut disebabkan untuk meminimalisir biaya dan waktu tour. Rute Short Trip tersebut akan memakan waktu sekitar 2 jam. Dengan pilihan lokasi yang akan dikunjungi:

  1. Makam Massal – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Puncak Kaliadem – Trek Basah Kalikuning
  2. Makam Massal – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kampung Mbah Maridjan – Trek Basah Kalikuning
  3. Makam Massal – Museum Sisa Hartaku – The Lost of World Castle – Batu Alien – Trek Basah Kalikuning

Pilihan lokasi no. 3 lebih mahal harganya dari no. 1 dan 2. Hal tersebut karena penambahan tiket masuk ke The Lost of World Castle.

museum sisa hartaku di merapi lava tour jogja
Museum Sisa Hartaku
batu wajah atau batu alien di merapi lava tour
Batu Wajah / Batu Alien

Museum Sisa Hartaku

Ada satu tempat yang menjadi tujuan Lava Tour Merapi untuk melongok bagaimana keganasan letusan merapi 2010 silam. Tempat tersebut adalah Museum Sisa Hartaku.

Potret ganasnya wedhus gembel yang meluluhlantakkan perkampungan warga Lereng Merapi saat itu. Kini terekam di salah satu tempat yang disebut dengan Musem Sisa Hartaku.

Tak seperti museum pada umumnya yang bangunannya berupa gedung. Museum Sisa Hartaku justru berada di lokasi yang sangat apa adanya. Museum ini milik warga yang mengumpulkan harta benda mereka yang tersisa akibat letusan gunung Merapi.

 

Benda-benda seperti ember, gelas, serta berbagai peralatan rumah dari berbagai bahan seperti plastik, kaca, stainless juga tak luput dalam kondisi nyaris meleleh.

Tempat ini mampu membuat pengunjung untuk membayangkan peristiwa yang terjadi saat itu. Adventure Merapi ini akan mengunjungi lokasi tersebut.

Batu Wajah / Batu Alien

Tjuan Merapi Lava Tour berikutnya adalah sebuah batu besar yang terbawa lahar panas akibat erupsi Merapi pada tahun 2010 silam. Warga yang menemukan batu besar tersebut menganggap mirip menyerupai wajah sebuah makhluk yaitu Alien.

Lalu pada tahun 2011 silam, atas ide para warga sekitar mulai didirikan kawasan wisata yang bernama Batu Alien. Batu besar yang berada di kawasan wisata tersebut terletak di Dusun Jambu, Kepuharjo ,Cangkringan Sleman. Batu besar itu terletak di tak jauh dari bibir jurang Kali Gendol.

Di kawasan wisata batu Alien, anda dapat menikmati suasana sejuk lereng pegunungan. Panorama megahnya gunung Merapi bisa terlihat dengan jelas di sisi utara.

Selain menikmati suasana alam dan panorama keindahannya. Di kawasan wisata Batu Alien, anda dapat menikmati spot-spot foto yang disediakan. Satu diantaranya ada sebuah gardu pandang dengan latar belakang gunung Merapi yang megah, yang tentunya akan menghias indah pada frame kamera anda.

bunker kaliadem di travel wisata merapi lava tour jogja
Bunker Kaliadem
kalikuning merapi lava tour di paket wisata jogja
Kalikuning

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem berada di Desa Kinahrejo, Hargoninangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Bangunan itu dibangun pada 2001 oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dan diresmikan empat tahun kemudian.

Fungsi dari bunker ini sebagai tempat menyelamatkan diri warga sekitar lereng Merapi yang tidak sempat melarikan diri saat terjadi letusan. Namun ternyata fungsi yang diharapakan tersebut tidak tercapai.

Pada letusan Merapi 2006, dua orang relawan berlindung di bunker ini guna menyelamatkan diri dari aliran awan panas. Namun, kukuhnya bunker tak mampu menahan suhu ekstrem dari awan panas yang mengalir turun. Kedua relawan itu tewas di dalam dan jenazahnya ditemukan di ruang toilet bunker.

Pada letusan besar Gunung Merapi tahun 2010, bunker ini kembali terkena terjangan awan panas. Bahkan akibat besarnya letusan itu, Bunker Kaliadem sampai terkubur di bawah material vulkanik sedalam 4 meter.

Kini keberadaan Bunker Kaliadem menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bersamaan dengan paket Merapi Lava Tour yang menjadikannya sebagai salah satu tempat tujuan.

Trek Basah Kalikuning

Trek Basah Kalikuning adalah lokasi terakhir yang dikunjungi pada paket Merapi Lava Tour. Di tempat inilah moment yang ditunggu-tunggu peserta Merapi Lava Tour. Menguji adrenalin dengan aktifitas Jeep Offroad dengan kecepatan tinggi. Menembus area berair yang menimbulkan sensasi tersendiri dan tak terlupakan oleh peserta.

Hubungi Kami

Bagi anda yang tertarik mengikuti aktifitas Merapi Lava Tour untuk Paket Wisata Jogja acara: Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Family Gathering, dll dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820

Follow Us On

Leave a Comment

Shares