Paket Study Tour Jakarta di Objek Wisata Ikonik Indonesia

Study Tour Jakarta – Jakarta sebagai ibukota negara sudah barang tentu memiliki banyak hal yang ingin diketahui oleh para murid sekolah. Baik itu pelajar sekolah dasar, sekolah menengah, atau juga mahasiswa dari berbagai daerah.

Jakarta adalah sebuah kota metropolitan yang kaya akan sejarah, budaya, dan hiburan. Banyak bangunan yang bernuansa edukasi berada di sini. Seperti misalnya Monumen Nasional atau Monas, Masjid Istiqlal, Monumen Pancasila Sakti, Kota Tua, Museum Bank Indonesia, Museum Nasional, dll. Bahkan bangunan yang menjadi simbol pemerintahan sepert Istana Negara, gedung MPR/DPR, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga tempat wisata yang sarat dengan edukasi. Misalnya Taman Mini Indonsia Indah, Planetarium, Taman Impian Jaya Ancol, dan masih banyak tujuan wisata sekolah lainnya.

Lokasi Objek Study Tour di Jakarta

Seperti informasi di atas bahwa Jakarta memiliki banyak objek wisata yang bisa untuk tempat kegiatan study tour Jakarta. Berhubung untuk kegiatan study tour ini biasanya diikuti banyak peserta yang menggunakan bus sebagai alat transpotasinya. Maka kami merekomendasikan tempat wisata yang mempunyai fasilitas-fasilitas untuk mendukung acara tersebut.

Misalnya tempat wisata tersebut dapat menampung banyak orang, mempunyai lokasi parkir yang memadai untuk bus, toilet yang cukup, dll. Rekomendasi kami adalah sebagai berikut:

study tour jakarta
INFO MONAS KLIK DI SINI >>>
study tour jakarta
KLIK DI SINI UNTUK PERBEDAANNYA >>>

Monas atau Monumen Nasional atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki). Yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Tujuan pendirian Monumen Nasional adalah untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Belanda.

Pembangunannya mulai pada 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Soekarno dan pembukaan untuk umum pada 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto. Tugu ini bermahkota lidah api yang berlapis lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala dari rakyat Indonesia (sumber: wikipedia). Selengkapnya baca di sini >>>

2. Study Tour Jakarta ke Museum Nasional

Bangunan Museum Nasional Indonesia, atau yang sering di sebut dengan Museum Gajah, adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. (sumber: wikipedia)

Hingga saat ini Museum Nasional menyimpan 190.000an benda-benda bernilai sejarah. Yang terdiri dari 7 jenis koleksi yakni: Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha, Numismatik dan Heraldik, Keramik, Etnografi, Geografi dan Sejarah.

Kompleks Museum Nasional berada di atas tanah seluas 26.500 meter persegi dan hingga saat ini mempunyai 2 gedung. Gedung A untuk ruang pamer dan wahana Imersifa. Sedangkan Gedung B atau Gedung Arca, yang pembukaan secara resminya pada tanggal 20 Juni 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Selain berguna untuk pameran juga bisa untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, ruang pameran temporer, area komersil dan perpustakaan. Museum Nasional telah dilengkapi pula dengan gedung penyimpanan atau storage untuk menyimpan benda-benda budaya. Selengkapnya silahkan baca di sini >>>

3. Masjid Istiqlal

Adalah sebuah masjid nasional yang berada di kota Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Masjid ini menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar keenam di dunia dalam hal kapasitas jamaah. (sumber: Wikipedia)

Pembangunan masjid ini untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, masjid nasional Indonesia dengan nama “Istiqlal”, kata bahasa Arab untuk “kemerdekaan”.

Pembangunannya mulai pada tahun 1961, menjelang perayaan peringatan 17 Agustus 1961, yang menandai 16 tahun kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, memiliki visi untuk membangun sebuah masjid nasional yang akan menjadi simbol kemerdekaan dan persatuan bangsa.

Konstruksi peletakan batu pertama oleh Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961. Pembangunan memakan waktu 17 tahun, dan kemudian peresmiannya oleh presiden Soeharto sebagai masjid nasional pada tanggal 22 Februari 1978. Selengkapnya baca di sini >>>

4. Paket Study Tour Jakarta ke Kota Tua

Kota Tua Jakarta, terkenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Dijuluki “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa. Jakarta Lama sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah saat itu. (sumber: wikipedia)

Di kawasan ini terdapat ragam bangunan tua yang masih terawat yang masing-masing memiliki sejarah. Ini tentunya dapat memberi edukasi bagi setiap orang yang mengunjunginya. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Kota Tua Jakarta:

  • Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta).
  • Musum Bank Indonesia.
  • Kantor Pos Kota Tua.
  • Museum Seni Rupa Keramik.
  • Museum Wayang.
  • Toko Merah Kota Tua.
  • Dan lain-lain.

Selengkapnya untuk mengetahui Kota Tua Jakarta silahkan baca di sini >>>

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan suatu taman hiburan bertemakan kebudayaan Indonesia. Terletak di Jakarta Timur, DKI Jakarta yang memiliki area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi. Wikipedia

Sebagai ikon wisata kultural dan sarana edukasi akan keragaman budaya Indonesia. TMII juga yang menawarkan pengalaman melalui banyak kegiatan seni yang mengikutsertakan pengunjung dalam setiap aktifitasnya.

Wajah BaruTMII hadir dengan mengusung 4 pilar, yaitu green dengan konsep eco-park di mana 70% areanya merupakan area hijau, inclusive untuk semua lapisan masyarakat, culture di mana TMII menjadi destinasi wisata yang mempresentasikan ragam budaya Indonesia, dan smart sebagai fokus dalam implementasi platform digital.

Dari sekian banyak wahana yang dapat dikunjungi di Taman Mini Indonesia Indah ini. Berikut ini rekomendasi wahana yang sering untuk study tour pelajar di Jakarta. Selengkapnya baca di sini >>>

6. Museum Pusat Peraga IPTEK

Banyak museum yang bisa dikunjungi di TMII antara lain: Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga Nasional, Museum Asmat, Museum Timor-Timur, Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA), Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia sampai Museum Penerangan.

Kemudian Bayt Al Quran dan museum Istiqlal yang merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbeda. Yaitu: Bayt Al Quran yang berarti ‘rumah Al Quran’ memiliki ruang pameran soal seni Islam dari dalam dan luar negeri. Sementara Museum Istiqlal menampilkan kebudayaan Islam dari penjuru Indonesia.

Salah satu museum yang wajib dikunjungi di TMII ialah Pusat Peragaan IPTEK, di mana pengunjung bisa mencoba langsung alat peragaan soal ilmu pengetahuan dan teknologi di sana.

Ada juga Skyworld, tempat pengunjung bisa belajar mengenai antariksa melalui ruang pameran sampai planetariumnya.

7. Theater IMAX Keong Emas dan Theater 4 Dimensi

Theater IMAX Keong Emas adalah gedung teater berbentuk keong mas raksasa tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih. Ada banyak film menarik yang ditayangkan di sini. Sensasi menontonnya juga sangat mengesankan, karena layarnya yang besar dan teknologi IMAX-nya yang canggih.

Berkonsep mirip IMAX, Teater 4 Dimensi menyuguhkan pemutaran film dengan layar empat dimensi, sehingga penonton seakan berada dekat dengan objeknya.

8. Monumen Pancasila Sakti Salah Satu Objek Study Tour Jakarta

Pembangunan Monumen Pancasila Sakti atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Berada di atas tanah seluas 14,6 hektare. Monumen ini bertujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis. (sumber: Wikipedia)

Monumen Pancasila Sakti terdiri dari beberapa tempat bersejarah, yang tersebar di area indoor dan outdoor. Antara lain ada Sumur Tua tempat pembuangan jenazah tujuh Pahlawan Revolusi, Rumah Penyiksaan, Rumah Pos Komando, Dapur Umum, Ruang Relik.

9. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol adalah sebuah taman bermain yang populer di Jakarta dan bahkan mendapatkan perhatian yang cukup besar dari pemerintah sejak berdiri. Sejak awal Taman Impian Jaya Ancol sudah ditunjuk sebagai kawasan terpadu. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena kawasan wisata ini tidak hanya menawarkan wahana bermain yang menarik tetapi juga menawarkan konsep budaya dan juga seni untuk para pengunjungnya.

Taman bermain yang diresmikan pada tahun 1966 ini memang bukan sebuah taman bermain yang seperti sekarang pada masa pembangunannya. Perubahan sedikit demi sedikit untuk membuat sebuah taman bermain yang berkelas seperti saat ini.

Taman Impian Jaya Ancol dengan luas lebih dari 552 hektar dan berlokasi di dekat pantai, membuat Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu taman bermain yang sangat populer, karena banyaknya wahana permainan yang ada. Anda bisa mengunjungi pantai, wahana permainan Dunia Fantasi, wisata air Atlantis Water Adventure dan masih banyak lagi.

10. Museum Satria Mandala Wisata Edukasi Study Tour Jakarta

Museum Satria Mandala adalah salah satu museum pusat sejarah TNI yang kini menjadi wisata edukasi.

Pembangunan Museum Satriamandala mulai pada tanggal 15 November 1971 di bekas rumah Nyonya Dewi Sukarno di atas tanah seluas 56.670 m2, di Jalan Gatot Subroto. Dengan merenovasi dan memugar bekas rumah tersebut menjadi sebuah museum.

Pelaksanaan pembangunan tahap pertama diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 5 Oktober 1972, yang sekaligus memberinya nama Museum Satriamandala. Kata Satriamandala berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti lingkungan keramat para Ksatria.

Di samping 74 diorama terdapat pula benda-benda bersejarah sebagai pendukungnya seperti senjata, atribut, serta berbagai panji dan lambang di lingkungan TNI. Benda-benda ini berada di ruang-ruang spesifik. Sedangkan perlengkapan TNI lainnya terdiri dari kendaraan tempur, pesawat terbang dan meriam berada di halaman museum yang merupakan pameran taman (garden display).

Paket Study Tour Jakarta

Untuk pelajar di Jabodetak berwisata study tour Jakarta bukanlah hal yang susah. Sebab pelaksanaannya bisa dalam 1 hari atau one day trip saja. Dengan durasi waktu tersebut pelajar bisa mengekploitasi 2-3 objek wisata study tour di Jakarta.

Sedangkan untuk pelajar dari luar kota Jabodetabek akan memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk mencapai daerah ibukota Jakarta, sudah tentu para murid dari daerah akan menggunakan sarana transportasi bus wisata, karena lebih fleksibel. Selain untuk transpotasi ke Jakarta sekaligus juga ke objek-2 wisata yang menjadi tujuan.

Beragam bus wisata memasuki kota Jakarta dari berbagai daerah jika sudah memasuki musim liburan. Wisata sekolah atau study tour Jakarta ini biasanya beberapa guru ikut sebagai pendamping. Dan rombongan study tour sekolah ini tampak jelas, karena umumnya mereka menggunakan baju seragam sekolah.

Hubungi Kami

Untuk memudahkan dalam penyelenggaraan kegiatan study tour sekolah anda ke Jakarta. Kami siap membantu dengan memberikan biaya pelayanan yang hemat dan rangkaian kunjungan yang lebih efektif. Hubungi kami di nomer 0819-5864-3820,  atau klik hubungi kami di bawah ini untuk informasi dan pemesanan paket Study Tour Jakarta.

Follow Us On

Perlu Bantuan.? Silahkan chat via Whatsapp.!
Shares