Fakta Menarik Pesona Candi Prambanan

Candi Prambanan – Pesonanya memang magis. Legenda Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso yang membuat berbeda dari lainnya. Terletak pada perbatasan Daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, letaknya sangat strategis. Uniknya, pintu masuknya terletak pada Kabupaten Klaten Jawa Tengah, namun secara administratif masuk wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cerita Menarik dari Pesona Candi Prambanan

Candi Prambanan tak lepas dari cerita Roro Jonggrang. Ketika itu pemuda bernama Bandung Bondowoso datang melamarnya. Lantaran tak punya perasaan terhadap Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang pun memberi syarat yang cukup berat. Yaitu membangun seribu candi dalam waktu satu malam. Sebelum ayam berkokok, candi tersebut sudah harus jadi.

Bandung Bondowoso pun menyanggupi syarat tersebut. Dia mengerahkan pasukan untuk membangun candi. Lepas tengah malam, bangunan tersebut hampir jadi. Roro Jonggrang yang panik, hingga menyuruh untuk membakar jerami. Siluet warna api yang terlihat mirip dengan matahari yang terbit.

Ayam jantan berkokok, dan pasukan Bandung Bondowoso menyudahi pekerjaannya. Tahu dicurangi, Bandung Bondowoso pun marah dan menjadikan Roro Jonggrang sebagai patung. Melengkapi candi terakhir yang sedang dibangunnya. Namun, cerita Roro Jonggrang tersebut hanyalah dongeng yang ada pada masyarakat lokal setempat.

Berikut ini fakta yang bikin pesona candi Prambanan bersinar.

1. Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Prambanan atau candi Roro Joggrang adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun sebagai persembahan untuk tiga dewa utama Hindu atau Trimurti, yaitu Dewa Brahma (dewa pencipta), Dewa Wisnu (Dewa Pemelihara), dan Dewa Siwa (Dewa Pemusnah).

2. Dibangun Pada Masa Kerajaan Mataram Kuno

Berdasar catatan sejarah, bukan Bandung Bondowoso yang membangun Prambanan. Pembangunan candi Hindu ini oleh Rakai Pikatan, raja Mataram Kuno pada 850 masehi atau sekitar abad ke-9.

Konon Rakai Pikatan mengawasi langsung pembangunan candi, terutama candi Roro Jonggrang yang menjadi candi utama. Pembangunan candi-candi kecil yang mengelilinginya pada masa raja-raja setelah Rakai Pikatan. Para ahli sejarah menafsirkan bahwa pembangunan candi Prambanan sebagai respons artistik, agama, dan politik pembangunan candi Borobodur. Pasalnya letak keduanya hanya berjarak sekitar 50 KM.

3. Terdapat Tiga Candi Utama

Ada tiga candi utama, yaitu Candi Syiwa, Brahma, dan Wisnu. Candi Siwa adalah bangunan tertinggi mencapai 47 meter. Prambanan ada pada prasasti sebagai Soghwara yang artinya Rumah Dewa Siwa. Salah satu tandanya adalah pembangunan arca Dewa Siwa.

4. Penemu

Penemu cagar budaya candi ini adalah CA Lons pada 1733, seorang yang berkebangsaan Belanda. Pada masa penjajahan Inggris, seorang bernama Mackenzie, menemukan candi Prambanan dan sejak itulah Prambanan mulai menarik perhatian dunia. Presiden Soekarno secara resmi membuka dan menjadikan Prambanan sebagai objek wisata pada 1953. Sampai sekarang Prambanan telah berulangkali dipugar atau direstorasi.

Hubungi Kami

Nah itulah pesona Prambanan yang siap membawa kita mendatangi candi yang penuh nuansa keindahan tersebut.

Bagi anda yang hendak mengunjungi candi Prambanan untuk Paket Wisata Jogja. Acara study tour, outing class, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami nomer telpon : 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares