5 Potensi Desa Wisata Tembi Yogyakarta

Desa Wisata Tembi terletak di Bantul Yogyakarta. Lokasi pedesaan ini lebih tepatnya masuk di area Jalan Parangtritis kilometer 8.5 Yogyakarta. 

Di desa ini banyak tempat yang menyajikan keunikan wisatanya dan patut dikunjungi. Khususnya untuk wisata edukasi, baik itu rombongan sekolah, perusahaan atau keluarga. Di sini ada banyak potensi wisata yang dapat dinikmati oleh semua orang. Dan juga memiliki penduduk yang ramah sehingga akan membuat wisatawan nyaman berlama-lama.

Meskipun mempunyai banyak potensi wisata baik itu alam hingga budayanya. Namun ada 3 hal yang membuat desa wisata ini sangat terkenal. Bagian pertama adalah outbound, wisata edukasi pertanian dan penginapannya. Namun ketika berkunjung di sini, wisatawan masih disuguhkan berbagai penawaran wisata menarik lainnya. Karena kaya akan potensi wisatanya, banyak pengunjung yang mulai menjadikannya sebagai tempat rekreasi.

Potensi Desa Wisata Tembi

Di sini terdapat berbagai tempat wisata sekaligus potensi baru untuk bisa menjadi ikon setempat. Dan berikut ini adalah potensi yang terdapat di desa wisata ini.

1. Outbound

Potensi pertama yang ada di desa Tembi adalah arena outbound. Walaupun permainan yang tersedia di wisata ini tergolong mainan lama. Wisatawan dapat menikmati permainan yang tersebut seperti membajak sawah, bakiak hingga menangkap belut. Walaupun hanya ada beberapa macam pilihan permainan, namun anda masih bisa menemukan hal baru lain di sini.

2. Museum Tembi

Bukan hanya wisata outbound saja yang tersedia di desa Tembi. Namun anda juga dapat menemukan museum yang terawat dengan baik. Museum Tembi namanya, di sini menyediakan berbagai benda koleksi. Di dalamnya berisi koleksi patung, pakaian adat hingga benda kuno.

Karena merupakan tempat bersejarah, tentunya museum ini perlu dijaga dengan baik. Untuk masuk ke sini, pengunjung harus membayar sekitar Rp. 30.000 untuk bisa menikmati koleksinya.

3. Menanam Padi di Desa Wisata Tembi

Mungkin sawah di manapun tempatnya akan terlihat biasa saja. Namun hal itu akan berbeda jika anda mulai berkunjung di desa Tembi. Di sini tidak hanya melihat pemandangan sawah yang luas. Wisatawan juga akan belajar tentang bagaimana membudidayakan padi.

Karena merupakan desa wisata edukasi, maka anda akan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru. Wisata menanam padi ini juga dapat membantu meningkatkan keterampilan dan memberikan pengalaman baru sehingga akan memberi kesan tersendiri.

4. Kerajinan Desa

Desa Tembi memiliki berbagai pusat sentra kerajinan daerah. Di sini terdapat berbagai macam hasil homemade yang menggunakan bahan serat alami. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam benda yang dibuat langsung oleh pengrajin. Beberapa hasil kerajinan yang bisa ditemukan secara langsung adalah pigura dan keramik.

Selain itu anda juga bisa menemukan hasil kerajinan lain seperti tempat tisu, kotak pensil hingga batik. Apabila berminat, hasil kerajinan tersebut bisa di beli dengan harga yang pastinya terjangkau.

5. Kesenian Khas di Desa Wisata Tembi

Selain memiliki pesona alam yang indah. Potensi wisata di desa Tembi juga cukup melimpah. Desa ini memiliki beragam kesenian yang tetap melokal. Kesenian seperti musik bangbung masih sangat terjaga dan terus dilestarikan dengan baik.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berwisata ke Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara study tour, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820.  Atau klik tautan di bawah ini untuk pemesanan paket field trip live in di Desa Wisata Tembi.

Follow Us On

Desa Wisata Tembi

Shares