Serunya Petualangan Cave Tubing di Goa Pindul

Cave Tubing di Goa Pindul memang seru. Kamu wajib mencoba sensasi menyusuri goa dan sungai di atas ban ini. Selain menikmati serunya bermain air, kamu juga bisa belajar tentang bebatuan, stalaktit yang ada di dalam goa. Semakin komplet tentunya. Berwisata, bermain sambil belajar.

Goa Pindul adalah tempat wisata kekinian yang banyak dicari. Butuh waktu lebih kurang 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai wahana air tersebut. Kamu tidak bisa langsung sampai ke lokasi. Akan tetapi, berhenti di tempat khusus parkir kendaraan kemudian diangkut menuju lokasi menggunakan mobil bak terbuka. Seru pastinya.! Sebelum berkunjung, yuk cari tahu dulu seperti apa sih Goa Pindul yang fenomenal itu.

Cerita Goa Pindul

Goa Pindul bukanlah goa baru. Karena goa yang berada di Gunung Kidul ini diperkirakan terbentuk jutaan tahun lalu. Alkisah nama pindul berasal dari kata Pipi dan Kebendul yang disingkat menjadi Pindul. Salah satu alasan goa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan manca negara adalah stalaktit yang ada di goa Pindul ini terbesar keempat di dunia.

Ada legenda yang kuat di masyarakat sekitar tentang goa Pindul. Pada jaman dahulu, utusan Panembahan Senopati Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan diperintahkan untuk membunuh bayi. Lantaran tak tega, akhirnya mereka urung membunuh bayi kecil tersebut.

Ketika keduanya berada di ketinggian, Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya ke tanah sehingga membentuk sebuah lubang. Dari lubang itu keluarlah air jernih mengalir di bawahnya. Kemudian kedua utusan raja memandikan si bayi. Tanpa sengaja pipi si bayi terantuk dinding gua sehingga ‘mbendul’ atau membesar. Sejak saat itulah goa tersebut dikenal sebagai Pindul.

Petualangan Cave Tubing di Goa Pindul

Kamu akan merasakan tiga zona berbeda ketika menyusuri goa Pindul. Yaitu zona terang, gelap, dan remang. Ketika melintas di zona terang, kamu bisa turun sejenak dari ban untuk berenang sejenak. Airnya cukup jernih dan menyegarkan. Jika kamu bisa lompat indah, kamu bisa melakukannya di zona ini. Saking jernihnya air, pengunjung bisa melihat ikan-ikan yang berenang di sungai ini. Seru ya.!

Ketika kamu mengikuti cave tubing, jangan lupa kenakan baju pelampung, ban, senter di kepala, dan juga helm. Tentu sebagai pengaman agar tidak terjadi kecelakaan. Jika penasaran, tentunya kamu juga harus punya keberanian. Butuh waktu lebih kurang 45 menit untuk menyusuri goa Pindul ini. 

Apa bedanya rafting dengan cave tubing.? Bedanya adalah cave tubing menggunakan ban dalam truk. Arus sungai yang digunakannya pun cenderung lebih tenang dibanding dengan rafting.

Aktivitas cave tubing tidaklah menyeramkan. Termasuk bagi pemula atau anak-anak. Asal mengikuti arahan pemandu. Sebab jika kamu asyik bermain sendiri bisa jadi tertinggal rombongan. Paling seru ketika memasuki zona gelap. Nyaris tak ada cahaya yang menerangi. Pengunjung hanya mengandalkan senter yang dipakai di kepala atau helm. Inilah serunya petualangan cave tubing di goa Pindul.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak wisata mengunjungi cave tubing goa Pindul, untuk Paket Wisata Jogja. Acara study tour, outing class, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami nomer telpon : 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares