Asyiknya Berkeliling Taman Wisata Borobudur

Taman wisata Borobudur adalah magnet wisata Jawa Tengah. Candi bercorak agama Buddha itu terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur memang punya daya tarik tersendiri. Borboudur adalah candi Buddha yang memiliki relief terlengkap di dunia. Tak heran, jika Borobudur jadi tujuan para wisatawan dari penjuru dunia.

Borobudur tidak berada di tepi jalan besar. Kamu harus masuk ke pemukiman penduduk untuk masuk ke area Borobudur. Sampai sekarang, Borobudur menjadi pusat peringatan hari besar Waisak. Tak heran jika pada peringatan Waisak banyak wisatawan yang datang turut menyaksikan parade lampion. Boleh berkunjung asal tak menganggu prosesi ibadah mereka ya..

Sebelum berkunjung ke taman wisata Borobudur, yuk baca dulu sejarah Candi terbesar di dunia ini ya.

Sejarah Candi Yang Kini Menjadi Taman Wisata Borobudur

Sampai sekarang belum ada penjelasan siapa yang membangun Candi Borobudur. Akan tetapi, candi besar tersebut diperkirakan dibangun pada pemerintahan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah atau sekitar tahun 800 masehi.

Borobudur sempat terkubur di bawah lapisan tanah dan timbunan debu vulkanik Gunung Merapi. Sekitar Borobudur sempat terlantar dan ditumbuhi semak belukar mirip perbukitan. Butuh waktu yang cukup lama untuk pemugaran dan pengumpulan artefak mulai dari 1811 sampai dengan 1902.

Baru pada 1960 Pemerintahan Indonesia mengajukan pemugaran besar-besaran terhadap Candi Borobudur. Proses renovasi baru dilakukan pada tahun 1975-1982. Borobudur masuk ke warisan dunia Unesco pada 1991.

Serunya Berkeliling di Taman Wisata Borobudur

1. Berkeliling Area Candi

Jika berkunjung ke sini, tentunya kamu wajib untuk berkeliling candi. Ada pemandu yang siap menemanimu berkeliling. Ada 2.600-an panel relief dan 504 arca Buddha yang ada di seluruh bagian candi. Itulah mengapa Borobudur disebut candi dengan relief terlengkap di dunia. Naiklah sampai ke bagian puncak, ada stupa besar di tengah candi yang dikelilingi stupa berukuran lebih kecil.

Umat Buddha menjadikan Borobudur sebagai tempat ziarah. Ada struktur tingkatan di candi tersebut yang menggambarkan kehidupan. Apa saja.? Pertama Kamadhatu, bagian terbawah candi ini melambangkan perilaku manusia yang masih memikirkan duniawi.

Kedua Rupadhatu, berada di bagian tengah yang menggambarkan alam antara. Kamu bisa melihat gambaran manusia yang ingin melepaskan nafsu dunia akan tetapi masih terikat dengan dunia nyata. Ketiga Arupadhatu, bagian teratas ini melambangkan alam paling tinggi. Ini merupakan gambaran manusia yang sudah meninggalkan nafsu dunia.

2. Berkunjung ke Museum Karmawibangga

Museum ini menyimpan relief Karmawibhangga yang tersimpan selama ratusan tahun di kaki candi Borobudur. Kamu juga bisa melihat perkembangan Borobudur dari tahun ke tahun. Bagaimana upaya Unesco mempertahankan dan melestarikan cagar budaya dunia ini.  

Keseruan lainnya adalah kamu bisa menyaksikan sunrise dan sunset di Borobudur. Dan juga datang ke festival lampion setiap Waisak yang dipusatkan di taman wisata Borobudur.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak mengunjungi Taman Wisata Borobudur. Baik untuk acara study tour, outing class, field trip, outbound training, company tour atau family gathering, dapat menghubungi kami di nomer telpon : 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares