MONUMEN YOGYA KEMBALI

Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985. Dengan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan untuk mendirikan monumen ini dilontarkan oleh kolonel Soegiarto, selaku walikotamadya Yogyakarta pada tahun 1983.

Nama “Yogya Kembali” dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibu kota Republik Indonesia di Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Dan kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta. Hal ini merupakan titik awal bebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

Pembangunan monumen Yogya kembali ini dilakukan dengan memperhitungkan beberapa faktor penting. Titik pusat bangunan ini merupakan sebuah titik yang secara imajiner menghubungkan beberapa titik penting di Yogyakarta yaitu Keraton Jogja, Tugu Yogyakarta, Gunung Merapi, Parang Tritis dan juga Panggung Krapyak. Titik ini sendiri disebut sebagai Sumbu Besar Kehidupan dan penanda dari titik imajiner ini sendiri berada pada lantai 3 bangunan monumen ini. (sumber dari: wikipedia).

Letak Monumen Yogya Kembali

Monumen yang terletak di Jl. Pajajaran Dusun Jongkang, Kalurahan Sariharjo, Kemantren Ngaglik, Kabupaten Sleman ini berbentuk gunung. Yang menjadi perlambang kesuburan, juga memiliki makna melestarikan budaya nenek moyang pra sejarah.

monumen jogja kembali - monjali
Rute Monjali
Daftar Pahlawan Tak Dikenal
Daftar Pahlawan Tak Dikenal

Pada tanggal 6 Juli 1989 bangunan monumen Jogja kembali ini selesai dibangun. Bangunan ini terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 berisi 4 ruang museum dan perpustakaan yang meyajikan lebih dari 1000 koleksi tentang satu Maret. Perjuangan sebelum kemerdekaan hingga kota Yogyakarta menjadi ibu kota Republik Indonesia.

Di lantai 2 berisi 10 diorama dan 40 relief yang menggambarkan peristiwa perjuangan bangsa. Mulai dari 17 Agustus 1945 sampai 28 Desember 1949. Sejumlah peristiwa sejarah seperti perjuangan fisik dan diplomasi sejak masa Proklamasi Kemerdekaan. Kembalinya Presiden dan Wakil Presiden ke Yogyakarta hingga pembentukan Tentara Keamanan Rakyat tergambar di sana. Sedangkan lantai 3 dinamakan Garbha Graha.

Monumen Yogya kembali ini dikelilingi oleh kolam yang dibagi oleh 4 jalan menuju bangunan utama. Jalan sebelah barat dan timur menghubungkan dengan pintu masuk lantai 1. Memasuki area monument di pintu timurr pengunjung akan disambut dengan replika pesawat Cureng dan Guntai di pintu barat. Menaiki podium di barat dan timur pengunjung bisa melihat 2 senjata mesin beroda lengkap dengan tempat duduknya.

Sebelum turun menuju pelataran depan kaki gunung monumen Yogya kembali, di ujung selatan pelataran berdiri tegak sebuah dinding yang memuat 420 nama pejuang yang gugur. Mereka gugur antara 19 Desember 1948 hingga 29 Juni 1949. Serta puisi Karawang – Bekasi karya Chairil Anwar untuk pahlawan yang tidak diketahui namanya.

Koleksi Museum

Diorama
Diorama
Diorama
Diorama

Pada tahun 2014 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menerbitkan buku berisi koleksi unggulan museum di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di antaranya adalah koleksi unggulan yang dimiliki oleh Museum Monumen Yogya Kembali. Koleksi unggulan Museum Yogya Kembali tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Replika pakaian militer, berbagai jenis pakaian tentara, polisi istimewa, gerilyawan, tentara pelajar, heiho,laskar wilayah, pakaian cadet Vaadright sebelum bersatu menjadi Tentara Nasional Indonesia.
  2. Senjata api genggam, berbagai jenis senjata api hasil rampasan yang diperoleh dari para serdadu Belanda ketika masa perang kemerdekaan.
  3. Diorama Soeharto, diorama ini menampilkan situasi ketika Soeharto merencanakan taktik penyerangan Serangan Umum 1 Maret
  4. Tandu Jenderal Soedirman, tandu yang dipakai oleh Jenderal Soedirman ketika bergerilya melawan Belanda di Yogya, Madiun, sampai Kediri. (sumber dari: wikipedia)

Hubungi Kami

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Monumen Yogya Kembali dalam Paket Wisata Jogja untuk acara: Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Family Gathering, dll, dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares