Wisata Dieng Wonosobo Negeri di Atas Awan

Wisata Dieng Wonosobo yang menawan, dataran tinggi ini memang mencuri hati  setiap pengunjung. Siapa saja yang pernah berkunjung ke Dieng punya keinginan untuk datang kembali.

Dieng adalah sebuah desa pada kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Dieng berjarak sekira 9 km dari ibu kota kecamatan atau 26 Km dari ibu kota kabupaten Wonosobo. Desa ini terbagi menjadi 8 RT, 2 RW dan 2 Dusun. Seluruh wilayah desa ini berada pada kawasan dataran tinggi Dieng. (sumber dari: Wikipedia)

Daerah ini sering mendapat sebutan negeri di atas awan, karena terletak 2.000 meter di atas permukaan laut. Bahkan Dieng sering disebut sebagai kota tertinggi Indonesia.

Dieng terletak sekitar 30 Km dari pusat kota Wonosobo. Tak jauh pula dari Kota Banjarnegara. Jika ingin berkunjung ke sana, kamu bisa singgah dulu di Wonosobo atau Banjarnegara. Terkenal sebagai tempat yang sangat indah dan kental nuansa spiritual. Penasaran dengan apa saja objek wisata yang ada.? Berikut ulasannya.

Wisata Dieng Yang Menawan, Bikin Tak Bisa Berpaling

1. Mendaki Gunung Prau.

Naik-naik ke puncak Gunung Prau, yuk. Salah satu destinasi bagi pendaki yang wajib saat berkunjung ke Dieng adalah mendaki Gunung Prau. Estimasi pendakian sekitar 3-4 jam sehingga cocok untuk pendaki pemula. Dari puncak Gunung Prau, kamu bisa menyaksikan hamparan alam yang menawan hati. Kamu juga bisa menikmati 5 puncak lainnya seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Lawu di antara gumpalan awan putih. Ini adalah alasan Dieng khususnya Gunung Prau disebut Negeri di Atas Awan. Seru kan.?

Selain itu, kamu juga bisa menikmati padang rumput yang luas dan bukit-bukit kecil mirip bukit Teletubbies. Kamu bisa menikmati puncak 2.565 mdpl ini ketika sunrise atau sunset. Pasti nggak bakal nyesel.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng, karena dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dari atas bukit. Terkenal dengan sebutan golden sunrise karena keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan. Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. 

Tak hanya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. 

Bagi pendaki pemula, atau wisatawan yang tidak terbiasa mendaki gunung tak perlu khawatir. Sebab, pendakian Bukit Sikunir sangat ramah bagi pemula, hanya membutuhkan waktu 30-45 menit untuk sampai ke puncak bukit.

3. Telaga Warna

Telaga Warna yang merupakan salah satu ikon wisata Dieng. Disebut Telaga Warna karena warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari.  Fenomena ini karena tingginya kandungan belerang pada air danau.

Tempat wisata ini berada pada ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta panorama Gunung Prau yang mengelilinginya.

Waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada saat sore hari, kawasan sekitar telaga tersebut akan tertutup kabut tebal.

4. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon terletak di samping Telaga Warna. Nama Telaga Pengilon lantaran warna airnya jernih, sehingga wisatawan bisa bercermin dari permukaan telaga.  Pengilon berasal dari bahasa Jawa, ngilo, yang bermakna berkaca. Konon, siapa pun yang melihat dirinya cantik atau tampan dari permukaan Telaga Pengilon, berarti orang tersebut berhati baik.

Kedua telaga tersebut, hanya dipisahkan oleh daratan kecil yang hanya terlihat pada musim kemarau. Sementara saat musim penghujan, daratan kecil itu akan terendam air sehingga kedua telaga akan tampak menyatu.

5. Batu Pandang Ratapan Angin.

Letaknya dekat dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Ini adalah sebuah tebing tinggi. Dari sana kamu bisa melihat keindahan alam pegunungan Dieng, dengan dua telaga, yaitu telaga Warna dan Pengilon yang menyegarkan mata. Mata siapapun pasti akan takjub dengan pemandangan yang sungguh indah itu.

6. Kawah Sikidang.

Ini adalah destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Objek wisata ini paling dekat dengan kawasan percandian Dieng. Pengunjung bisa menikmati aktivitas vulkanik letusan gunung api masa lalu. Berbahayakah.? Agak berbahaya akan tetapi masih aman, jika mengikuti aturan-aturan wisata yang sudah ada. Pengunjung bisa melihat proses vulkanik berupa muntahan lumpur bercampur gas bumi dengan jarak yang aman.

Jika berkunjung ke sini, gunakan masker ya.! Sebab bau belerang menyengat dan bisa menganggu penciuman atau pernafasan. Hati-hati, pakai masker, dan jangan mendekat ke area berbahaya. Ikuti aturan yang ada.

7. Candi Arjuna

Ikon wisata Dieng lainnya adalah Candi Arjuna. Dengan luas mencapai satu hektare, Candi Arjuna menjadi kompleks candi terluas pada dataran tinggi Dieng.  Terdapat lima bangunan candi dalam kompleks ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Kompleks Candi Arjuna menawarkan panorama yang indah karena latar belakang perbukitan yang mengelilinginya. Selain itu, ada pohon cemara berjajar rapi pada area candi.  Kompleks candi ini juga terdapat beberapa sarana pelengkap, seperti parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, dan warung kuliner. 

8. D’Qiano Hot Spring Water Park.

Obyek wisata ini menyediakan fasilitas kolam air hangat dari sumber alami. Lokasi D’Qiano Hot Spring Water Park di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

D’Qiano Hot Spring Water Park membuat pengunjung mampu menikmati sensasi berendam pada kolam air hangat sambil menikmati pemandangan yang cantik. Jika lelah bermain air, terdapat area food court yang menyajikan berbagai menu makanan. 

9. Berpetualang ke Gunung Cilik.

Camp gunung Cilik berada pada lereng gunung Kembang. Jangan bayangkan gunung tinggi yang menjulang. Gunung Cilik adalah bukit yang ada di wilayah Damarkasih, Kertek, Wonosobo. Kamu akan melihat hamparan kebun teh Tambi berpadu dengan keelokan alam gunung Kembang, gunung Sumbing, dan gunung Sindoro. Yakin kamu pasti betah nge-camp di gunung Cilik.

Lokasi ini agak jauh dari Dieng, jadi bisa kalian nikmati saat pulang jika melawati Kertek, Wonosobo.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak wisata mengunjungi dataran tinggi Dieng Wonosobo, untuk Paket Wisata Jogja. Acara study tour, outing class, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami nomer telpon : 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares