Menjelajah Keindahan Alam ke Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara – Seperti namanya, Yogyakarta memang istimewa. Istimewa warganya, istimewa pariwisatanya. Berkunjung ke Yogyakarta tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja. Tapi juga budaya dengan segala mitos yang melekat di dalamnya.

Selain sebagai kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar dengan berbagai sekolah favorit di sana. Seperti UGM, UNY, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional dan lain sebagainya. Di Jogja juga banyak tempat wisata edukasi yang menarik. Seperti Taman Pintar, Keraton Ngayogyakarta, Candi Prambanan, Museum Dirgantara, Benteng Vredeburg dan lainnya.

Inilah alasan mengapa banyak sekolah yang selalu mengagendakan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan favorit study tour siswanya. Selain karena tidak terlalu jauh dari Jakarta, Yogyakarta juga ramah kepada para pendatang. Hanya dengan menempuh perjalanan menggunakan bis dari Jakarta ke arah Jogja selama kurang lebih 10 jam saja, melalui tol Trans Jawa.

Pantai Goa Cemara

Salah satu tujuan wisata kali ini adalah Kabupaten Bantul. Tepatnya di Pantai Goa Cemara. Adalah sebuah destinasi wisata yang dikenal dengan keindahan hutan cemaranya.

Pantai Goa Cemara (bahasa Jawa: ꦥꦱꦶꦱꦶꦂ ꦒꦸꦮ ꦕꦺꦩꦫ, translit. Pasisir Guwa Cemara) adalah objek wisata pantai yang terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak tepatnya berdampingan dengan Pantai Samas dan Pantai Pandansari.

Di pantai ini memiliki pasir berwarna hitam tapi lembut dengan ombak yang cukup besar kerakteristik pantai selatan. Pantai ini merupakan pantai pengembangan baru di mana terdapat banyak pohon cemara udang rindang membentuk seperti goa. Hal ini yang membuat pantai ini dinamai Goa Cemara. Pohon Cemara ini bertujuan untuk melindungi abrasi air laut dan menahan gumuk pasir supaya tidak mengalamai perpindahan akibat tiupan angin. (sumber dari : Wikipedia)

Menuju Lokasi Pantai Goa Cemara

Dari pusat Kota Yogyakarta, ambil rute ke Bantul menuju selatan. Pantai ini berjarak kurang lebih 30 kilometer. Ikuti rute jalan ke Bantul sampai menemukan pos retribusi Pantai Samas. Ambil jalan lurus sampai pertigaan Pantai Pandansari. Setelah sampai pertigaan ambil jalan lurus kemudian belok ke arah kiri.

Tidak sampai satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus pariwisata. Di sana kamu bisa menikmati udara pantai lengkap dengan jajaran pohon cemara yang sangat rindang dan teduh. Jalan menuju pantai Selatan memang sudah beraspal rapi, tapi tidak untuk menuju pantai Goa Cemara.

Jalanan masih berupa tanah dengan tekstur berpasir, tapi tak perlu khawatir. Meski tidak beraspal rapi, namun tidak sulit untuk melewatinya. Hanya cukup dengan sedikit kewaspadaan dan kehati-hatian ketika musim hujan tiba.

Camping Ground Dan Konservasi Penyu Adalah Daya Tariknya

Lalu, apa daya tarik Pantai Goa Cemara ini.? Inilah yang akan kami informasikan. Bahwa di sini ada sekitar 6.000 pohon cemara yang ditanam pada pantai dengan luas 20 hektare. Sehingga letak antara satu pohon dengan pohon lainnya tidak terlalu jauh. Padat, rimbun dan teduh. Inilah spot yang paling menarik untuk mengambil foto yang bisa diposting di media sosial.

Daya tarik lain dari pantai di Jogja yang sudah dibuka ini adalah wisata camping. Dengan camping ground yang memiliki banyak titik lokasi strategis dengan nuansa dan view yang berbeda-beda. Kamu bisa merasakan berkemah di bawah teduhnya pohon cemara lengkap dengan suara deburan ombak. Ini adalah kesempatan yang sangat langka.

Selain itu kamu bisa sekali-sekali sambil menikmati naik wahana ATV dan berkuda. Tak perlu khawatir jika kamu tidak bisa berkuda. Karena akan ada pemandu wisata yang bisa membantu menuntun kuda agar kamu bisa merasakan sensasi naik kendaraan jaman kerajaan dahulu kala. Wahana ATV yang biasa ditemukan di pantai Parangtritis juga ada di sini. Kamu bisa menikmatinya agar liburanmu lebih berwarna.

Konservasi Penyu

Diprakarsai kelompok tani nelayan Mino Raharjo, balai konservasi penyu didirikan untuk mendukung kelestarian populasinya. Sehingga penyu menjadi ikonik di Pantai Goa Cemara sampai saat ini. Tak hanya sebagai tempat wisata, di pantai ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul juga melakukan penangkaran berbagai jenis penyu laut. Yaitu jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbiata), Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea). Program penangkaran penyu ini  bertajuk “Save Our Turtles”.

Mitos Pantai Goa Cemara

Seperti destinasi wisata Yogyakarta lainnya yang penuh dengan cerita mitos. Ada cerita mitos terkait pantai ini. Setiap tanggal 1 Suro selalu ada ritual yang bernama Lelabuhan. Ritual ini dilakukan dengan mengarak boneka berbentuk kambing lengkap dan hasil bumi masyarakat sekitar.

Beruntung jika kamu datang ke sini tepat tanggal 1 Suro. Jadi masih bisa menyaksikan arak-arakan dalam rangka ritual Lelabuhan itu. Namun pastinya di tanggal itu akan penuh sesak oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Hubungi Kami

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Pantai Goa Cemara Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara: Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Family Gathering, Outbound, dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares