Share Link

Field Trip Jogja

Field Trip Jogja – Yogyakarta terkenal sebagai salah satu tujuan pariwisata dan merupakan obyek wisata utama di Indonesia. Bermacam-macam obyek wisata berada di sana. Mulai dari obyek wisata edukasi, pantai, pegunungan, museum dan masih banyak lagi. Banyak obyek wisata lain yang bisa digunakan untuk tempat outing class, outbound maupun field trip.

Sejumlah besar pejabat, termasuk para pemimpin negara dan wisatawan lokal maupun manca negara yang telah mengunjungi Yogyakarta untuk menikmati keindahan wisatanya.

Apa Itu Field Trip

Field trip atau outing class berisi kegiatan siswa di luar sekolah dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Outing class, study tour atau field trip sudah menjadi kegiatan rutin di hampir semua sekolah setiap tahunnya. Field Trip Jogja menjadi salah satu tujuannya.

Ada yang menganggap study tour dan field trip hampir sama maknanya. Hanya terdapat perbedaan bahasa saja. Namun menurut pandangan kami beda dalam pelaksanaannya.

Study tour bisa memiliki beberapa tujuan lokasi dalam kunjungan 1 hari. Sedangkan dalam field trip siswa hanya diajak ke 1 lokasi saja dalam kunjungan 1 hari penuh atau setengah hari saja. Fokus pada masalah apa yang akan dipelajari.

Untuk itulah Field Trip Jogja ke Desa Wisata Pentingsari menjadi paket unggulan. Karena dalam 1 hari peserta dapat mengunjungi beberapa lokasi untuk kegiatan field trip dalam 1 tempat di desa wisata Pentingsari.

Field Trip Jogja akan mengajak siswa untuk berpikir kreatif. Memiliki pengalaman baru serta dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung melalui kunjungan di luar sekolah. Penting bagi anak-anak mengikuti kegiatan field trip karena memiliki manfaat bagi pengalaman belajarnya.

Baik program study tour atau field trip bisa diikuti oleh anak-anak usia SD, SMP, SLTA dan mahasiswa. Sejumlah komunitas atau organisasi juga sering menggunakan program field trip untuk menambah wawasan para anggotanya. 

Kegiatan Selama Field Trip Jogja

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam study tour atau field trip seperti :

  1. Outbound yang berisi beragam permainan, tantangan untuk individu maupun team, seperti flying fox, arung jeram, paintball, panahan dan games team building lainnya.
  2. Pelatihan seni dan budaya seperti pelatihan membuat keramik, membatik, memainkan alat musik tradisional, pentas seni tradisional, dll
  3. Agro wisata yang terdiri dari agro sawah, apotik hidup, agro sayur dan buah-buahan.
  4. Mengunjungi tempat bersejarah seperti candi, museum, monumen bersejarah, dll.
  5. Tempat wisata edukasi seperti laboratorium science, planetarium, wisata observasi, dll.

Outbound

Banyak tempat yang bisa dijadikan tempat outbound  seperti: candi Prambanan, Hutan Pinus Mangunan, Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari, dll. Beberapa tempat outbound di Jogja yang menarik bisa di baca di sini >>>

Pelatihan Seni, Budaya dan Agro Wisata

Membuat keramik atau gerabah di Kasongan. Peserta akan diajarkan membuat gerabah dari tanah liat sampai finishing.

Belajar membatik, banyak tempat belajar membatik di Jogja, salah satunya di Kampung Giriloyo.

Belajar gamelan dan tari jawa tradisional bisa dilakukan di desa wisata Pentingsari. Selain itu di sini juga bisa belajar membatik, membuat wayang suket dan agro wisata.

Mengunjungi Tempat Bersejarah

Selain Kraton Ngayogyakarta yang menjadi icon Yogyakarta. Masih banyak tempat bersejarah yang bisa dikunjungi. Seperti candi Prambanan, Gedung Agung, Monumen Jogja kembali, museum Dirgantara Mandala, museum Ullen Sentalu, dll.

Tempat yang berada di Jogja hampir semuanya mengandung unsur wisata edukasi. Diantaranya adalah Taman Pintar, museum Gunungapi Merapi, Tebing Breksi, dll.

Berikut tempat wisata edukasi yang bisa dijadikan referensi, klik di sini >>>

Desa Wisata Pentingsari

Salah satu tempat kegiatan Field Trip Jogja adalah desa wisata Pentingsari. Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di bawah kaki gunung Merapi. Karena berada di bawah kaki gunung Merapi suasana yang ada di desa wisata ini sangatlah sejuk pada siang maupun sore hari.

Desa wisata ini merupakan salah satu pelopor desa wisata di Yogyakarta. Desa Pentingsari sendiri diresmikan menjadi desa wisata pada 15 Mei 2008. Dengan menawarkan wisata alam dan wisata budaya sebagai daya tarik utamanya. Setiap tahun di Desa Wisata Pentingsari banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Karena desa wisata ini telah mendunia. Baca Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Indonesia yang mendunia di Kompas (klik di sini >>>)

Dengan kerjasama antara pemerintah daerah, desa dan seluruh warga. Menjadikan pembuatan desa wisata ini salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Untuk informasi lengkapnya dapat dibaca di Harian Kedaulatan Rakyat (klik di sini >>>)

Desa wisata Pentingsari salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi untuk pelaksanaan Field Trip Jogja. Karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa wisata ini, seperti:

  1. Outbound seperti: flying fox, susur sungai, jelajah desa, games team building, dll.
  2. Pelatihan seni dan budaya seperti belajar membatik, memainkan gamelan, tari tradisional, wayang suket, kreasi janur, dll.
  3. Agro Wisata seperti bercocok tanam di sawah, berkebun, berternak, perikanan, memerah susu kambing, dll.
  4. Merapi Lava Tour meliputi kegiatan jeep offroad, mengunjungi museum sisa harta, observasi ke batu alien, bunker Kaliadem, dll.

Berikut ini adalah kegiatan outbound di Desa Wisata Pentingsari, silahkan menonton:

Pilihan Paket Outing Class Jogja

  1. Paket Field Trip Jogja 3H1M (start Jakarta, Bekasi dan sekitarnya) >>> Klik di sini >>> (TERMURAH..!!!)
  2. Paket Field Trip Jogja 3H2M (start Jakarta, Bekasi dan sekitarnya) >>> Klik di sini >>>
  3. Field Trip Jogja 4H2M (start Jakarta, Bekasi dan sekitarnya) >>> Klik di sini >>> (TERPOPULER…)
  4. Paket Field Trip Jogja 3H2M (start bandara/stasiun Yogyakarta) >>> Klik di sini >>>
  5. Paket Field Trip Jogja 2H1M (start bandara/stasiun Yogyakarta) >>> Klik di sini >>>

Bagi anda, sekolah, komunitas, instansi yang mau menyelenggarakan field trip Jogja. Bisa menghubungi kami di nomer telpon : 0819-5864-3820. Atau klik hubungi kami di bawah ini untuk informasi dan pemesanan:

Follow Us On

Perlu Bantuan.? Silahkan chat via Whatsapp.!