Share Link

Field Trip atau Outing Class

Field Trip diterjemahkan dari bahasa Inggris. Yang berarti tamasya adalah perjalanan sekelompok orang ke tempat yang jauh dari lingkungan normal mereka. (Wikipedia – Inggris)

Outing class atau Field Trip yang juga berisi kegiatan siswa di luar sekolah dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Sehingga sudah menjadi kegiatan rutin di hampir semua sekolah setiap tahunnya.

Siswa selama ini belajar selain di kelas ya di laboratorium. Seperti halnya pekerja tentu saja mereka juga bosan bahkan stres. Salah satu belajar yang menyenangkan mereka adalah dengan outing class.

Selain membuat fresh pikiran siswa, terlebih anak-anak di SMP yang rasa penasarannya tinggi. Belajar di luar sekolah atau field trip itu justru banyak mendapatkan pelajaran.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam study tour atau field trip seperti :

  1. Outbound yang berisi beragam permainan, tantangan untuk individu maupun team, seperti flying fox, arung jeram, paintball, panahan dan games team building lainnya.
  2. Pelatihan seni dan budaya seperti pelatihan membuat keramik, membatik, memainkan alat musik tradisional, pentas seni tradisional, dll
  3. Agro wisata yang terdiri dari agro sawah, apotik hidup, agro sayur dan buah-buahan.
  4. Mengunjungi tempat bersejarah seperti candi, museum, monumen bersejarah, dll.
  5. Tempat wisata edukasi seperti laboratorium science, planetarium, wisata observasi, dll.

Kegiatan Field Trip atau Outing Yang Murah

Kegiatan outing ini jadi salah satu alternatif pilihan belajar. Atau juga biasanya bagian dari studi wisata. 

Tapi kegiatan apa saja yang bisa jadi pembelajaran siswa dengan outing yang tidak membebani, tapi menyenangkan hati.? 

Berikut adalah kegiatan Field Trip yang bisa menjadi rekomendasi:

Fotografi

Kegiatan field trip ini bisa jadi ajang murid-murid untuk belajar membidik obyek foto yang menarik. 

Bawa murid-murid untuk outing di lokasi tertentu. Kemudian minta mereka untuk membuat obyek foto di lokasi tersebut yang menarik dengan handphone mereka. Atau sekolah bisa menentukan tema dari pendapat para siswa. 

Kemudian hasil foto bisa dibuat pameran secara virtual atau cetak di sekolah. Pelajaran di luar dengan fotografi ini juga sebagai penghematan biaya. Karena beberapa orang tua murid keberatan jika sekolah sering mengadakan outing yang memerlukan biaya tambahan.

Berkemah

Acara ini tidak hanya milik ekstra kulikuler kelompok pramuka saja. Tapi berkemah juga cocok sebagai salah satu kegiatan outing class. Terutama untuk murid SMP sebagai sarana mengenalkan murid kepada alam. 

Guru atau pihak sekolah bisa menyewa lokasi bumi perkemahan terdekat. Buat tema dan susunan acara dengan tim murid. Dan bisa juga kerja sama dengan tim pramuka yang ada di sekolah. 

Libatkan mereka karena agar tidak terkesan belajar satu arah saja. Atau bisa menyewa jasa event organizer yang biasanya membuat acara outing outdoor untuk remaja.

Kegiatan di sekitar sekolah.

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan field trip di dekat sekolah. Selama ini kegiatan di luar sekolah seperti studi wisata biasa terkendala biaya dan izin orang tua.

Pihak sekolah bisa membuatnya lebih terjangkau. Contohnya melakukan pengamatan kejadian atau lokasi di sekitar sekolah.

Bisa mengambil lokasi gunung, perkebunan atau pantai. Murid-murid sekarang lebih kenal dunia luar tetapi justru kurang peka dengan dunia sekitar.

Buat kegiatan pengamatan kegiatan sekitar kemudian minta agar mereka menceritakan hasil pengamatan mereka terhadap lingkungan sekitar sekolah tersebut.

Selain kegiatan tersebut, pihak sekolah bisa bekerjasama dengan tour organizer untuk membuat kegiatan field trip dengan lokasi terdekat dan biaya terjangkau.

Outbound

Ini salah satu kegiatan outing class yang paling dinantikan. Anda bisa meminta bantuan penyelenggara tempat outbond terdekat dengan lokasi sekolah. Kegiatan outbond ini selain melatih fisik anak juga melatih kerja sama dan keberanian. Banyak kegiatan yang menyenangkan dan berkesan buat murid-murid.

Manfaat Outing Class

Berikut ini manfaat outing, tidak harus mengeluarkan banyak uang. Karena dengan kegiatan field trip di atas bisa bermanfaat bagi murid-murid:

  • Dapat bertanggung jawab misalkan tentang kerja sama dan disiplin waktu.
  • Bersosialisasi dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.
  • Berlatih mandiri dan juga kerja sama dalam kelompok.
  • Mengembangkan imajinasi anak.
  • Menyegarkan siswa dari pelajaran dan ujian sekolah.

Masih banyak kegiatan outing class dan juga manfaatnya. Tinggal bagaimana menentukan tujuan dari outing tersebut. Maka lokasi dan kegiatan menyesuaikan dengan maksud dan tujuan mengadakan outing. Jadi outing untuk murid tidak perlu mahal. Yang dekat dengan kegiatan sederhana malah justru mengena ke siswa agar dapat melatih kepekaan mereka.

Bagaimana jika sekolah yang berada di kota-kota besar.? Field trip untuk murid-murid di sini bisa dilakukan dengan program live in di desa wisata. 

Murid-murid akan tidur di homestay milik penduduk di desa wisata tersebut. Dan pagi hari sampai sore hari mereka mengikuti kegiatan di desa. Seperti kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, seni budaya dan lain sebagainya. 

Malamnya mereka berkumpul dengan warga desa untuk berdiskusi mengenai potensi desa tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama 2-3 hari ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan mental, fisik, dan attitude mereka. Program ini  bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan dalam belajar di luar sekolah atau field trip.

Untuk sekolah yang mau menyelenggarakan field trip dengan program live in di desa wisata. Atau tidak field trip dengan kegiatan di alam sambil melakukan outbound. Bisa menghubungi kami di nomer telpon : 0819-5864-3820. Atau klik hubungi kami di bawah ini untuk informasi dan pemesanan:

Follow Us On

Perlu Bantuan.? Silahkan chat via Whatsapp.!