study tour malang

Study Tour Malang

Study Tour Malang adalah paket study tour atau outing class ke Malang dengan biaya harga murah. Tempat tujuan wisata edukasi di Bromo, Batu, Malang, seperti: museum angkut, museum Bagong, Eco Green Park, Batu Secret Zoo, wisata petik apel, museum Brawijaya, dan destinasi objek wisata menarik lainnya.

Berwisata dapat menjadi salah satu cara untuk belajar di luar ruangan dan mengamati fenomena atau sesuatu secara langsung. Kegiatan study tour seringkali dipilih sebagai salah satu cara untuk berwisata sekaligus belajar. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata untuk study tour di Indonesia, salah satunya adalah kota Malang.

Malang merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang sering menjadi referensi untuk melakukan study tour. Karena kota ini memiliki banyak potensi wisata edukasi dan alamnya yang indah. Bersama dengan kota Batu yang masih termasuk ke dalam kawasan Malang Raya, kedua kota ini menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah. Termasuk sekolah yang menjadikannya salah satu tujuan wisata study tour Malang selain study tour ke Jogja.

Harga Paket Study Tour Malang

Study Tour ke Malang ini bisa berangkat dari berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, Bogor, Depok dan kota-kota di sekitarnya. Selain itu tidak menutup juga untuk sekolah-sekolah di kota Cirebon, Brebes, Tegal, Slawi, Pemalang, Yogyakarta, Solo, dll. Namun biayanya akan kami hitung kembali sesuai kota asal dan pilihan paketnya. Pilihan paket dan harga tersebut di bawah ini adalah untuk pemberangkatan dari Jabodebek :

Paket Malang 4H1M

Rp. 1.475.000

Minimal 90 pax Free 2 Guru

4 Hari 1 Malam Menginap

Destinasi: Malang

Hotel Bintang 2-3

Museum Angkut

Wisata Petik Apel

Belanja Oleh-Oleh Khas Malang

Museum Tubuh Bagong

Taman Selecta

Paket Malang 4H2M

Rp. 1.600.000

Minimal 90 pax Free 2 Guru

4 Hari 2 Malam Menginap

Destinasi: Malang

Hotel Bintang 2-3

Museum Angkut

Wisata Petik Apel

Belanja Oleh-Oleh Khas Malang

Museum Tubuh Bagong

Alun-Alun Batu Malang

Taman Selecta

4H1M + BROMO

Rp. 1.600.000

Minimal 90 pax Free 2 Guru

4 Hari 1 Malam Menginap

Destinasi: Malang + Bromo

Hotel Bintang 2-3

Museum Angkut

Wisata Petik Apel

Belanja Oleh-Oleh Khas Malang

Wisata Gunung Bromo

5H2M + BROMO

Rp. 1.925.000

Minimal 90 pax Free 2 Guru

5 Hari 2 Malam Menginap

Destinasi: Malang + Bromo

Hotel Bintang 2-3

Museum Angkut

Wisata Petik Apel

Belanja Oleh-Oleh Khas Malang

Museum Tubuh Bagong

Alun-Alun Batu Malang

Wisata Gunung Bromo

5H2M + JOGJA

Rp. 1.800.000

Minimal 90 pax Free 2 Guru

5 Hari 2 Malam Menginap

Destinasi: Malang + Jogja

Hotel Bintang 2-3

Museum Angkut

Wisata Petik Apel

Belanja Oleh-Oleh Khas Malang

HeHa Sky View

Jeep Offroad Merapi Lava Tour

Wisata Oleh-Oleh Jogja

Malioboro

Tempat Wisata Study Tour di Malang

Kegiatan study tour Malang ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman serta membiasakan siswa belajar secara langsung mengenal tempat-tempat yang menjadi tujuan study tour. Berikut ini rekomendasi 10 tempat wisata yang dapat menjadi tujuan untuk study tour ke Malang dan sekitarnya:

Tidak lengkap rasanya jika ke Malang namun tidak berkunjung ke museum yang sangat terkenal ini. Museum Angkut berada di kawasan Kota Wisata Batu yang bisa ditempuh dari pusat kota Malang dengan mudah.

Di sini adalah tempat wisata dengan tema tranportasi atau kendaraan bersejarah. Jadi jika anda berkunjung ke museum angkut, anda akan berwisata dan mengetahui sejarah atau mendapat wawasan baru mengenai sarana transpotasi. Museum Angkut adalah museum yang menggabungkan sejarah dan hiburan.

Museum ini menyimpan koleksi alat-alat transportasi dari berbagai daerah dan negara. Tentunya melakukan study tour di museum ini akan sangat berkesan. Terutama bagi anda yang mengagendakan study tour dengan tema kendaraan.

Selain dari koleksinya, museum ini menarik juga dari dekorasi dan juga penataan ruang-ruangnya. Di sana ada banyak zona dan masing-masing zona sangat menarik. Tempatnya sangat unik untuk foto-foto karena seperti berada di luar negeri. Informasi lebih lanjut mengenai Museum Angkut klik di sini >>>

2. Batu Secret Zoo

Baru Secret Zoo adalah bagian dari Jawa Timur Park 2 yang biasanya juga dikunjungi untuk keperluan study tour. Karena kebun binatang modern yang satu ini memang bisa memberikan edukasi mengenai satwa kepada para pengunjungnya.

Tempat wisata yang satu ini menyimpan banyak sekali koleksi satwa. Dari reptil, mamalia, hewan air, unggas, dan masih banyak lagi. Semua satwa dipelihara dengan baik sehingga pengunjung bisa melihat satwa dalam kondisi sehat.

Kebun binatang di Malang ini merupakan salah satu kebun binatang modern di Indonesia. Batu Secret Zoo memiliki koleksi hewan-hewan unik dan langka dari berbagai negara kebanyakan dari Asia Afrika. Di tempat ini terdapat hewan-hewan langka yang dilindungi contohnya badak. Siswa yang berkunjung di tempat ini akan mendapat wawasan baru di mana badak bercula satu hampir punah dan dia pasti sadar bagaimana menjaga, melestarikan apa yang akan punah.

Selain Batu Secret Zoo, di Jawa Timur Park 2 juga ada Museum Satwa yang posisinya ada di dekat pintu masuk Batu Secret Zoo. Anda bisa membeli tiket terusan untuk mengunjungi museum tersebut. Di dalamnya juga ada koleksi satwa namun yang sudah diawetkan.

Eco Green Park adalah wisata edukasi anak di Malang yang masih dalam pengelolaan langsung Jatim Park. Dan cocok sekali dikunjungi oleh para keluarga. Tempat wisata satu ini punya nilai edukasi yang tinggi sehingga bisa memberikan banyak wawasan kepada setiap pengunjungnya.

Di sini ada sebuah wahana edukasi yang mengenalkan kepada anak bagaimana proses untuk mengolah sumber daya alam hingga akhirnya berubah sebagai aliran listrik. Tidak hanya itu saja, di Eco Green Park juga, Anda bisa menjelajahi wahana lainnya mulai dari Eco Journey sampai dengan Bird Show. Informasi lebih lanjut mengenai Eco Green Park klik di sini >>>

The Bagong Adventure atau biasa disebut dengan Museum Bagong menjadi salah satu tempat wisata edukasi anak di Malang yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau anak-anak sekolah. Tempat ini juga terbuka untuk para remaja dan orang dewasa. 

Museum Bagong atau The Bagong Adventure merupakan wisata edukasi yang sesuai untuk pembelajaran bagi anak-anak, remaja dan dewasa. Di Museum Bagong ini, anda bisa belajar mengenai anatomi tubuh dan bagaimana dengan sistem kerjanya. Ada 6 lantai yang bisa dijelajahi jika sedang di museum ini dengan 16 zona tubuh yang memberikan wawasan untuk pengunjungnya.

Penamaan Museum Bagong karena bagian depan terdapat patung kepala Bagong. Bagong sendiri merupakan salah satu tokoh pewayangan yang cerdik. Museum ini terdiri dari 6 lantai, dan terdapat 16 zona tubuh. Informasi lebih lanjut mengenai Museum Bagong klik di sini >>>

Seperti yang kita ketahui, Malang memang identik dengan buah apelnya yang sudah mendunia. Berlibur ke Malang, tak akan lengkap jika belum berkunjung ke agrowisata buah apel di Malang.

Banyak tempat agrowisata petik apel di Malang yang bisa kamu kunjungi. Di sini wisatawan dapat memetik apel secara langsung sambil berfoto ria dengan pemandangan alam. Terdapat pemandu yang akan menjelaskan mengenai pembudidayaan buah apel. Mulai dari awal hingga fase pemanenan dan pasca panen. Sampai menjadi berbagai produk makanan yang terbuat dari buah apel. Informasi lebih lanjut mengenai wisata petik apel klik di sini >>>

6. Museum Mpu Purwa

Dengan bangunan seluas 1.200 meter, Museum Purwa akan memberikan anda pengetahuan mengenai sejarah tentang kerajaan tempo dulu. Museum Mpu Purwa memiliki 136 koleksi berupa prasasti dan juga arca yang sudah ada sejak Mpu Sindok memimpin Kerajaan Mataram Kuno sampai kerajaan Majapahit.

Hanya saja yang prasasti dan arca ada 58 koleksi saja. Sebagian dari koleksi ini, tidak semuanya punya resmi milik Museum Mpu Purwa, namun koleksi itu sebagian masih menjadi koleksi pribadi masyarakat.

Adapun penamaan Museum Mpu Purwa berasal dari nama dari seorang warga dengan kasta brahmana yang tinggal di Kerajaan Tumapel. Ia adalah ayah dari Ken Dedes, seorang ratu atau istri dari Tunggul Ametung yang awalnya diculik untuk dijadikan permaisurinya. Namun, itulah yang justru menjadi awal dari adanya pemberontakan oleh Ken Arok untuk menguasai Tumapel dan memperistri Ken Dedes.

7. Museum Brawijaya

Adalah salah satu tempat wisata edukasi bersejarah yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Pepatah mengatakan kalau bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Seperti yang kita tahu, Indonesia mempunyai banyak kejadian sejarah di masa lalu dan kita sebagai warga negara yang baik kita juga harus menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya adalah mengadakan wisata edukasi ke museum-museum yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Nah Museum Brawijaya adalah salah satu yang bisa anda datangi jika anda berada di Malang.

Usaha untuk pendirian Museum Brawijaya telah dilakukan sejak tahun 1962 oleh Brigjend TNI (Purn) Soerachman (mantan Pangdam V/Brawijaya tahun 1959-1962). Pembangunan gedung museum kemudian mendapat dukungan Pemerintah Kota Malang dengan penyediaan lokasi tanah seluas 10.500 meter persegi, dan dukungan biaya dari Sdr. Martha, pemilik hotel di Tretes, Pandaan. 

Arsitek museum adalah Kapten Soemadi. Museum dibangun pada tahun 1967 dan selesai 1968. Nama Museum Brawijaya ditetapkan berdasarkan keputusan Pangdam V Brawijaya tanggal 16 April 1968 dengan sesanti (wejangan) ‘Citra Uthapana Cakra’ yang berarti sinar (citra) yang membangkitkan (uthapana) semangat/kekuatan (cakra). Sedangkan peresmian museum pada tanggal 4 Mei 1968 yang terletak di Jl. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. (sumber dari: wikipedia)

Ada 5 area utama untuk memamerkan benda-benda bersejarah:

  1. Taman senjata yang memamerka koleksi benda-benda sejarah antara lain tank, sejata api hasil rampasan dari penjajah, meriam, dan ada juga patung jendral Sudirman.
  2. Lobi yang memuat beberapa koleksi sejarah, yaitu relief penugasan pasukan Brawijaya, relief kekuasaan kerjaan Majapahit dan lambang-lambang kesatuan negara Indonesia.
  3. Ruang 1 yang terdapat koleksi benda bersejarah antara tahun 1945-1949, salah satunya mobil De Soto.
  4. Ruang 2 yang berisi benda-benda sejarah sejak tahun 1950 hingga sekarang.
  5. Halaman tengah yang memamerkan koleksi Gerbong Maut dan Perahu Sigigi.

8. Batu Night Spectacular

Tidak lengkap rasanya jika berwisata study tour namun tidak mencicipi keseruan yang ada di Malang Raya. Anda bisa mengagendakan jadwal study tour ke Batu Night Spectacular.

Tempat wisata ini buka dari sore hingga tengah malam. Cocok untuk para pengunjung yang memiliki waktu luang di malam hari. BNS merupakan taman wisata yang menyimpan banyak wahana permainan yang seru.

Ada wahana permainan yang cocok untuk anak-anak hingga wahana permainan yang cocok untuk orang dewasa serta yang memacu adrenaline. Anda bisa mendapatkan harga tiket masuk yang murah. Namun untuk mencoba wahana permainan akan ada tiket tambahan. Ada juga beberapa Spot Foto Malam Hari di Malang yang indah dan menarik karena dipenuhi banyak lampu.

Salah satu tempat wisata yang legendaris di Malang dan Batu adalah Taman Rekreasi Selecta. Tempat wisata ini sudah ada sejak dulu. Bahkan sejak zaman penjajahan Belanda tempat ini sudah ada.

Hal menarik dari Taman Rekreasi Selecta adalah taman bunga yang indah di dalamnya. Di sana ada banyak jenis bunga yang bermekaran dan bisa dipelajari mengenai jenis dan juga karakter masing-masing bunga. Sehingga cocok untuk study tour Malang.

Selain taman bunga, fasilitas lain yang ada di Selecta sangat lengkap. Ada kolam renang yang bisa dimanfaatkan saat sedang memiliki waktu luang yang cukup banyak. Pengunjung juga bisa menikmati beberapa permainan yang ada di taman tersebut serta udara kota Batu yang sejuk. Informasi lebih lanjut mengeani Taman Selecta klik di sini >>>

Destinasi wisata alam yang tak pernah sepi dari pengunjung adalah gunung Bromo. Meskipun statusnya yang masih aktif namun pesona gunung Bromo selalu menjadi pusat perhatian banyak wisatawan.

Bromo terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di 4 perbatasan wilayah kabupaten dengan luas kurang lebih 50.276,3 ha dengan bentangan dari barat ke timur sekitar 20-30 kilometer dan dari utara ke selatan sekitar 40 km.

Tentu saja bukan tanpa alasan kenapa cukup banyak wisatawan yang di dominasi oleh turis Nusantara ini sangat penasaran ingin mengisi masa liburan di gunung Bromo. Karena bisa dikatakan bahwa kawasan Gunung Bromo memiliki pemandangan alam yang paling indah di wilayah Jawa Timur. Kemegahan pemandangan alam Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok bisa kita dapatkan dalam satu kawasan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Belum lagi hamparan pasir yang dijuluki Pasir Berbisik berpagarkan perbukitan yang tertanam kokoh disekelilingnya melengkapi keistimewaan indahnya pemandangan alam di kawasan Gunung Bromo.

Ditambah lagi dengan pesona Golden Sunrise Gunung Bromo sebagai moment terbitnya matahari dengan pemandangan terindah yang ada pada kawasan wisata Gunung Bromo ini. Ikut menyempurnakan ketakjuban para wisatawan yang menikmati wisata alam di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Informasi lebih lanjut mengenai wisata gunung Bromo klik di sini >>>

Demikianlah beberapa tempat yang cocok untuk wisata study tour di Malang Raya. Semoga informasi di atas bisa memberikan alternatif dan referensi tempat yang menarik dan bermanfaat untuk acara study tour anda.

Hubungi Kami

Bagi yang akan menyelenggarakan acara Field Trip, Outing Class, Outbound, Study Tour ke Malang. Dapat menghubungi kami di nomer 0819-5864-3820. Atau klik tautan di bawah ini untuk informaasi dan pemesanan Paket Study Tour Malang.

Follow Us On

Study Tour Malang

Perlu Bantuan.? Silahkan chat via Whatsapp.!
Shares