Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis (bahasa Jawa: ꦥꦱꦶꦱꦶꦂ ꦥꦫꦁꦠꦿꦶꦠꦶꦱ꧀, translit. Pasisir Parangtritis) adalah tempat wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 27 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta bahkan Pantai Parangtritis telah menjadi ikon pariwisata di Yogyakarta. Pantai Parangtritis mempunyai nilai simbolis yang merupakan garis yang bersifat magis. Yang menghubungkan Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.

Pantai yang terletak di sisi timur Pantai Parangkusumo ini memiliki legenda yang melekat dengan Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan dan keindahannya. Pantai ini merupakan pantai yang cukup luas di Yogyakarta, berbeda dengan pantai-pantai di kawasan Yogyakarta lainya seperti Pantai di Gunungkidul yang ukurannya relatif kecil. (sumber dari : wikipedia)

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangtritis

Pantai di selatan Yogyakarta ini dinamakan Parangtritis konon karena di sini adalah tempat pelarian Pangeran Dipokusumo. Kejadian ini terjadi pada zaman Kerajaan Majapahit. Pangeran Dipokusumo melakukan pelarian ke tepi pantai sekaligus menjadikan tempat ini sebagai tempat bertapa.

Di sini ia menemukan batu karang besar yang memiliki aliran tetesan air. Parang berarti karang sedangkan Tritis berarti menetes. Dari sinilah asal usul nama Parangtritis tercipta.

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Pantai Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya. Yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik. Mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Pantai yang Legendaris

Pantai Parangtritis sangat populer di kalangan para wisatawan domestik dan mancanegara dengan cerita legendanya. Konon kabarnya, terdapat sebuah kerajaan ghaib di sekitar pantai ini yang dipimpin oleh seorang penguasa laut selatan bernama Nyi Roro Kidul.

Berkaitan dengan legenda yang dimiliki pantai ini, terdapat juga mitos yang banyak dipercaya oleh para wisatawan. Mitos tersebut yaitu para wisatawan sebaiknya tidak memakai baju yang bernuansa warna hijau karena dapat terseret ombak laut.

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Terdapat dua jalur yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke pantai ini. Jalur pertama adalah berangkat dari Kota Yogyakarta melewati Jl. Parangtritis ke arah Kretek. Jalur kedua adalah berangkat dari Kota Yogyakarta melewati Imogiri.

Jika lewat Kretek, Anda akan melewati jalan raya yang padat sepanjang perjalanan. Sementara jika lewat Imogiri, jalan yang Anda lewati lebih sepi dan tidak terlalu padat.

Waktu Favorite Mengunjungi Pantai Parangtritis

Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut Selatan, hingga ke batas cakrawala.

Pantai ini sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding karena pemandangannya yang menakjubkan. Spot yang biasa dijadikan lokasi pemotretan foto prewedding adalah di ujung timur Pantai Parangtritis. Karena terdapat gugusan karang yang begitu indah. Prewedding tersebut biasanya dilakukan saat senja karena perpaduan langit senja dengan air laut yang terlihat keemasan sangatlah sempurna.

Aktifitas Yang Dapat Dilakukan

1. Bermain Dipinggir Pantai

Karena ombak pantai di sini tergolong besar, para wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di sekitar pantai. Pihak pengelola wisata telah menyiapkan fasilitas pemandian umum yang nyaman dan aman.

Para wisatawan tidak pernah absen untuk bermain air di bibir pantai ketika mengunjungi objek wisata ini. Wisatawan dewasa maupun anak-anak terlihat sangat bergembira ketika ombak datang mengguyur badan mereka. Wisatawan lain juga ada yang menghabiskan waktunya di sini dengan bermain pasir pantai.

2. Menikmati Sunset

Setelah Anda melakukan kegiatan-kegiatan menarik yang menyenangkan, Anda dapat mengisi sore hari Anda dengan menanti hadirnya matahari tenggelam. Pantai ini terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang romanti. Sehingga jangan sampai Anda melewatkannya. Abadikan momen Anda dengan berfoto saat senja bersama teman-teman, keluarga maupun pasangan.

3. Hunting Foto

Banyak pemandangan yang menakjubkan dan instagramable di sini. Anda bisa mengabadikan moment tersebut untuk berfoto. Dan selanjutnya bisa menghiasi akun media sosial anda.

4. Kegiatan Lainnya.

Banyak kegiatan lainnya yang bisa dinikmati di sini. Seperti: naik delman menyusuri pantai, berkuda, bermain ATF, menaiki paralayang, bermain layang-layang. Kegiatan tersebut berbayar untuk menikmatinya.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak mengunjungi Pantai Parangtritis untuk Paket Wisata Jogja acara: Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Family Gathering, dll dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares