Kraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (bahasa Jawa: ꦏꦫꦠꦺꦴꦤ꧀ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠꦲꦢꦶꦤꦶꦔꦿꦠ꧀, terjemahan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi pada pusat Kota Yogyakarta. Sekarang menjadi obyek wisata sejarah tempat museum kereta kasultanan Jogja yang dulu berada di Kotagede.

Pendiri Kraton Jogja ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwana I pada tahun 1755, sebagai Istana / Keraton Yogyakarta yang baru berdiri akibat perpecahan Mataram Islam dengan adanya Perjanjian Giyanti.

Keraton Yogyakarta ini adalah pecahan dari Keraton Surakarta Hadiningrat dari Kesunanan Surakarta (Kerajaan Surakarta). Sehingga Mataram diteruskan oleh 2 Kerajaan yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta.

Total luas wilayah keseluruhan keraton Yogyakarta mencapai 184 hektar, yakni meliputi seluruh area dalam benteng Baluwarti, alun-alun Lor, alun-alun Kidul, gapura Gladak, dan kompleks Masjid Gedhe Yogyakarta. Sementara luas dari kedhaton (inti keraton) mencapai 13 hektar.

Walaupun Kesultanan Yogyakarta secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1945, kompleks bangunan kraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Kraton Jogja ini kini juga merupakan salah satu objek wisata Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton Yogyakarta merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas. (sumber dari : wikipedia)

Sejarah Keraton Yogyakarta

Perjanjian Giyanti yang ditandatangani pada tanggal 13 Februari 1755 (Kemis Kliwon, 12 Rabingulakir 1680 TJ). Menyatakan bahwa Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Surakarta dengan pimpinan Susuhunan Paku Buwono III. Sementara Ngayogyakarta – atau lazim disebut Yogyakarta – dengan pimpinan  Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I.

Tanggal 13 Maret 1755 (Kemis Pon, 29 Jumadil awal 1680 TJ) adalah tanggal bersejarah untuk Kasultanan Yogyakarta. Pada tanggal inilah proklamasi atau Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dikumandangkan. Selanjutnya, Sultan Hamengku Buwono I memulai pembangunan Keraton Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1755 dan berperan sebagai arsiteknya. (sumber dari : kratonjogja.id)

Lokasi kraton Jogja ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi kraton Yogyakarta merupakan sebuah mata air. Umbul Pacethokan, yang ada pada tengah hutan Beringan.

Proses pembangunan berlangsung hingga hampir satu tahun. Selama proses pembangunan tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono I beserta keluarga tinggal pada Pesanggrahan Ambar Ketawang. Sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Kompleks Bangunan Keraton Yogyakarta

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan).

siti hinggil kraton jogja - yogyakarta

Dahulu bagian utama istana, dari utara ke selatan. Mulai dari Gapura Gladhag sisi utara sampai Plengkung Nirboyo sisi selatan. Kini, bagian-bagian utama keraton Yogyakarta dari utara ke selatan adalah:

  1. Gapura Gladag – Pangurakan, Kompleks Alun-alun Utara dan Masjid Gedhe (Masjid Raya Kerajaan)
  2. Kompleks Pagelaran, Kompleks Siti Hinggil Utara, Kompleks Kamandhungan Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Kamandhungan Selatan, Kompleks Siti Hinggil Utara (sekarang disebut Sasana Hinggil).
  3. Alun-alun Selatan dan Plengkung Nirbaya yang terkenal dengan nama Plengkung Gadhing.

Selain bagian-bagian utama yang berporos utara-selatan keraton Yogyakarta juga memiliki bagian yang lain. Bagian tersebut antara lain adalah Kompleks Pracimosono, Kompleks Roto Wijayan, Kompleks Keraton Kilen, Kompleks Taman Sari, dan Kompleks Istana Putra Mahkota (mula-mula Sawojajar kemudian Dalem Mangkubumen).

Sekeliling Kraton Jogja yang di dalamnya terdapat sistem pertahanan yang terdiri dari tembok/dinding Cepuri dan Baluwerti. Pada bagian luar dinding tersebut ada beberapa bangunan yang terkait dengan keraton, antara lain Tugu Pal Putih, Gedhong Krapyak, nDalem Kepatihan (Istana Perdana Menteri), dan Pasar Beringharjo.

Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Pada sisi lain, Kraton Jogja juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogya.

Dan untuk itulah pada tahun 1995 Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. (sumber dari : wikipedia)

Untuk waktu berkunjung di kraton Jogja, jam buka Keraton Yogyakarta, jam : 08.30 – 13.30 (kecuali Jumat, jam : 08.30 – 11.00)

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berwisata ke Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara study tour, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820. Atau klik tautan di bawah ini untuk pemesanan paket ke keraton Yogyakarta.

Follow Us On

keraton Yogyakarta

Shares