Keindahan Dinding Game of Throne di Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi – Sebagai pecinta Game of Throne, tentu aku sangat terobsesi bisa masuk ke alam khayalan game tersebut. Beruntunglah seorang teman kuliah dari Yogyakarta mengajak menginap semalam di rumahnya yang berada pada kawasan Prambanan Yogyakarta. Katanya di dekat rumahnya ada sebuah tempat wisata yang mirip dinding pada Game of Throne.

Tempat itu adalah Tebing Breksi. Begitulah kata temanku. Awalnya aku mengira tebing ini memang terjadi secara alami, tapi ternyata bukan. Tebing yang cukup eksotik ini awalnya adalah tambang kapur milik warga setempat. Namun setelah Dinas Pariwisata Yogyakarta menemukan bahwa tebing setinggi 30 meter ini merupakan situs Gunung Purba. Maka pelestarian tempat ini segera dilakukan.

Dari alasan inilah warga diminta untuk berhenti menambang di sana. Hingga tercetus ide untuk menjadikan Tebing Breksi sebagai tempat wisata instagramable dan kekinian yang lebih banyak kaum milenial daripada orang tua yang berkunjung.

Aktifitas Dilakukan di Tebing Breksi

Semenjak menginjakkan kaki pertama kali di tebing ini, aku tidak bisa melepaskan bidikan lensa kamera. Banyak sekali spot foto menarik sekaligus dramatis yang bisa kami dapatkan. Terutama pahatan-pahatan yang ada pada sebagian besar sisi Tebing Breksi.

Pahatan-pahatan itu awalnya tidak beraturan. Bekas pahatan para penambang sebelumnya. Namun oleh dinas pariwisata setempat pahatan tersebut diperbaiki hingga rapi. Sehingga lebih mirip seperti Petra dengan ciri khas Yogyakarta.

Tak hanya berfoto saja. Mumpung lagi berada di Yogyakarta, aku memanfaatkan waktu untuk berkemah dan menikmati keindahan Jogja di malam hari. Banyak juga pengunjung yang mendirikan kemah sambil berkumpul bersama komunitas off-road pada malam harinya.

Pemandangan tak kalah eksotis juga terlihat pada pagi hari. Saat matahari terbit. Dengan berbekal alat keamanan seadanya, aku dan temanku mencoba naik ke atas bukit untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Sungguh sebuah kesempatan yang tidak bisa didapat di tempat lain.

Ada satu hal yang perlu diingat. Berbekal dari pengalaman berkunjung ke Tebing Breksi ini, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian sebelum berkunjung. Pakailah alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Karena kontur tanah berbatu. Terlalu berbahaya jika menggunakan alas kaki yang tidak nyaman.

Jika ingin naik ke atas bukit, jangan terlalu berada di pinggir karena kalau terpeleset bisa terjatuh dan membahayakan. Jangan lupa bawa topi atau pelindung kepala. Sinar matahari sangat terik pada siang hari. Tentu ini akan mengurangi kenikmatan berwisata.

Lokasi dan Akses ke Tebing Breksi

Lokasi ini merupakan tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572 (sumber dari: wikipedia).

Berada tepat di dusun Nglengkong – Groyokan Sambirejo – Prambanan – Yogyakarta. Tidak jauh dari letak Candi Prambanan. Hanya sedikit belok kiri hingga menemukan Candi Ijo. Setelah ketemu Candi Ijo, lihat papan petunjuk. Tebing ini sudah sangat dekat.

Jam operasional tutup jam berapa? Jawabannya adalah jam 8 malam. Dan biasa buka mulai pukul 6 pagi. Kapan lagi bisa menikmati negeri khayalan seperti Game of Throne selain di Tebing Breksi. Ayo segera ke sana.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berwisata ke Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara study tour, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820. Atau klik tautan di bawah ini untuk pemesanan paket wisata Tebing Breksi.

Follow Us On

Tebing Breksi

Shares