Sensasi Gurun Pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo – Lahir dan besar di Indonesia membuat sebagian dari kita terobsesi dengan keindahan padang pasir Timur Tengah. Terlebih lagi ketika foto tentang keindahan padang pasir itu banyak bertebaran di sosial media. Keinginan berkunjung ke sana sambil berfoto dengan unta sangatlah kuat. Sayangnya banyak yang belum dapat mewujudkannya karena terkendala biaya.

Beruntunglah ketika beberapa tahun belakangan ini membaca tentang berbagai destinasi wisata di Indonesia. Ada salah satu destinasi wisata Yogyakarta yang menyuguhkan sensasi Padang pasir seperti di Timur Tengah. Yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah hampir dua tahun lebih di rumah saja karena dampak kebijakan Covid-19, akhirnya kita bisa kembali berwisata ke luar kota. Dan salah satu tujuan wisata Yogyakarta adalah wisata gundukan pasir yang ada di Bantul ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Pengertian dari Gumuk Pasir Parangkusumo (bahasa Jawa: ꦒꦸꦩꦸꦏ꧀ꦥꦱꦶꦂꦥꦫꦁꦏꦸꦱꦸꦩ, translit. Gumuk Pasir Parangkusuma) adalah objek wisata alami di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya di sebelah barat Pantai Parangtritis, yaitu di Kelurahan Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gumuk Pasir ini memiliki sejumlah keistimewaan terkait dengan jumlahnya yang terbatas di dunia.

Nama “Gumuk” berasal dari bahasa Jawa yang artinya gundukan-gundukan pasir yang terhampar luas. Gumuk Pasir Yogyakarta terbentuk dari material Gunung Merapi yang kemudian mengalami transportasi melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai. Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang ke daratan sehingga mengalami proses deposisi menjadi Gumuk Pasir. (sumber dari : Wikipedia)

Akses Menuju Lokasi

Akses menuju lokasi ini tidaklah sulit. Hanya berkendara dengan kendaraan pribadi atau bus pariwisata dari pusat Kota Yogyakarta selama kurang lebih satu jam saja. Di sana kamu sudah bisa mengunjungi destinasi wisata yang termasuk langka di dunia.

Pra sarana jalan menuju ke sana juga tidak sulit. Karena hampir semua ruas jalan sudah diaspal. Jadi cukup mudah untuk bisa sampai ke sana. Disarankan agar kamu datang ke sana ketika musim kemarau. Karena jika musim hujan, keindahan wisata ini kurang maksimal. Walaupun agak kepanasan tapi dapat kepuasan yang maksimal.

Keistimewaan Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangtritis menjadi salah satu warisan dunia (world heritage) dengan membentuk endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl. Hanya ada 4 negara di dunia yang memiliki gunung pasir, salah satunya di Indonesia. Selain sebagai laboratorium alam berbagai cabang ilmu kebumian, ekosistem yang khas yang dibentuk alam Gumuk Pasir juga merupakan sebuah fenomena.

Gumuk pasir atau istilah geologinya adalah sand dunes. Merupakan bentukan alam berupa gundukan-gundukan pasir menyerupai bukit yang terbentuk akibat pergerakan angin. Nah, istilah gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gundukan atau sesuatu yang menyembul dari permukaan yang datar.

Di Asia Tenggara, coastal dunes sedikitnya terdapat di tiga negara, yakni Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia. Indonesia sendiri memiliki beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan Jawa. Namun, pembentukan paling signifikan terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daya Tarik

Wisata Gumuk Pasir di Indonesia tidaklah banyak. Salah satunya adalah Kaldera Gunung Bromo. Dan lautan pasir selanjutnya ada di Bantul Yogyakarta. Kalau di Bromo sudah terkenal hingga ke dunia, tapi tidak dengan yang ada di Bantul. Wisata gundukan pasir ini belum banyak yang tahu.

Lalu, apa daya tarik Gumuk Pasir di Parangkusumo Bantul ini.? Seperti namanya, destinasi wisata ini menyuguhkan hamparan pasir sepanjang mata memandang. Persis seperti padang pasir yang ada di negara-negara Timur Tengah.

Pasir yang ada di sini berasal dari Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, Kali Progo, dan Kali Opak. Materi vulkanik tersebut terkikis menjadi debu, lalu diterbangkan angin dan berkumpul hingga membentuk gundukan-gundukan pasir. Peristiwa alam ini termasuk peristiwa yang langka. Tidak terjadi di semua negara. Beruntunglah Indonesia memilikinya.

Gundukan pasir Parangkusumo juga sering disebut sebagai gumuk pasir Jogja prewed. Karena hampir setiap hari ada pasangan yang mengadakan foto prewedding di sini. Selain karena lokasinya memang instagramable sekali, destinasi wisata ini juga masih belum banyak yang mengunjungi. Berbeda dengan Kaldera yang ada di Gunung Bromo.

Bagi kamu yang suka dengan fotografi, Gumuk Pasir adalah lokasi yang wajib dikunjungi. Karena kamu akan dapatkan berbagai foto menarik di hamparan pasir sejauh mata memandang.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

1. Sandboarding

Gumuk pasir merupakan fenomena alam yang langka di dunia, apalagi di Indonesia. Karena keunikan strukturnya, gumuk pasir sangat cocok untuk aktivitas sandboarding. Berselancar di atas pasir bisa jadi sebuah kegiatan memacu adrenalin yang cocok untuk semua kalangan, terutama kawula muda. Karena berada di atas pasir, wisatawan tak perlu takut akan cidera parah ketika terjatuh.

2. Berkeliling Pantai

Di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo, terdapat tiga pantai yang bisa dikunjungi wisatawan. Yaitu: Pantai Parangtritis, Parangkusumo, dan Cemara Sewu. Tak perlu bingung mencarinya. Tiga pantai ini masih berada dalam satu garis pantai yang sama. Lokasinya hanya dibagi berdasarkan letaknya saja.

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo adalah dua pantai yang hampir tak pernah sepi pengunjung karena ketenarannya. Bagi yang ingin tempat yang lebih sepi, wisatawan bisa mencoba berjalan sekitar 550 meter ke Pantai Cemara Sewu.

3. Menikmati Sunset

Di gumuk pasir, wisatawan bisa menunggu hingga senja dan menikmati matahari terbenam di perairan Parangtritis. Banyak wisatawan yang melakukan hal ini.

Seperti informasi sebelumnya, ada tiga spot tambahan yang bisa dikunjungi jika ingin melihat sunset lebih dekat dan lebih rendah. Yaitu: Pantai Parangtritis, Parangkusumo, atau Cemara Sewu.

4. Offroad dengan Jeep di atas pasir

Daerah Parangkusumo terdapat banyak penyewaan mobil Jeep yang cocok untuk mengarungi pasir pantai. Cocok bagi wisatawan yang pertama datang ke Parangkusumo. Berkeliling dengan Jeep akan membuat pengunjung serasa di daerah Merapi atau Bromo.

Dengan Jeep, wisatawan akan dibawa offroad berkeliling di sekitar lembah dan bukit pasir. Wisatawan mendapat pengalaman bertualang yang unik dan tak bisa dilupakan.

5. Berfoto

Pada era digital seperti saat ini, anda belum benar-benar ke tempat wisata kalau belum ada fotonya. Di Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat banyak spot foto menarik yang bisa menjadi tempat mengabadikan momen-momen seru mengarungi pasir. Seperti gundukan gumuk, pohon kaktus, hamparan pasir, hingga mobil Jeep bisa menambah kecantikan foto.

Selain itu, ada juga taman bunga berbentuk hati yang menurut banyak orang sangat instagramable.

Untuk fasilitas yang ada di sini cukup memadai. Pengelola menyediakan berbagai fasilitas seperti mushala, kamar mandi, area parkir yang luas, penginapan, wisata kuliner, fasilitas kesehatan dan berbagai fasilitas lainnya.

Hubungi Kami

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara: Study Tour, Company Tour, Field Trip, Outing Class, Family Gathering, Outbound, dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820

Follow Us On

Shares