Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan Pinus Mangunan Jogja adalah hutan pinus yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Sebagai obyek wisata favorit untuk menikmati paket pesona panorama alam di ketinggian & sunset yang indah di sini.

Jogja memang kota yang tempat wisatanya tidak habis-habis. Tersebar di daerah Sleman, Gunungkidul, Kulonprogo ataupun Bantul. Kita bisa explore tempat wisata baru di kota ini yang beragam. Nah kali ini kami memilih untuk mengeksplorasi hutan pinus Mangunan di daerah Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Dlingo dengan jalan yang sudah bagus dan pemandangan alam yang mengagumkan.

Keindahan Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus ini adalah area terbuka yang sangat menawan. Dengan pohon-pohon tinggi yang menjulang akan menjadi pesona tersendiri bagi pasangan untuk melakukan selfie romantis di sini. Banyak yang melakukan foto pre wedding di sini. Berikut artikel mengenai asyiknya berburu foto cantik di hutan Pinus ini dari travel.detik.com >>> Klik Di Sini.

Tak heran jika kawasan ini sangat terkenal di sosial media seperti Instagram. Apalagi dengan adanya bangunan panggung terbuka yang bisa untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk.

Lokasi dan Rute ke Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata alam andalan Kabupaten Bantul. Wisata alam ini berlokasi di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum wisata ini dikenal banyak orang, hutan ini dulunya merupakan kawasan tandus (sumber dari : wikipedia).

Cara menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta tidak terlalu sulit. Lokasinya berada di bagian selatan Yogyakarta. Berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Secara administratif kawasan hutan pinus ini masih dalam tataran wilayah Imogiri. Cara yang paling mudah menuju lokasi ini adalah dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Dengan menelusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.

Sebelum mencapai makam Imogiri Bantul terdapat sebuah pertigaan menuju arah Mangunan. Jalur yang dilalui akan terbelah ke dua tujuan, salah satunya adalah kebun buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul. Akses jalan sudah cukup bagus namun akan lebih nyaman jika menggunakan kendaraan tinggi karena medan jalan yang menanjak. Medan jalan cukup terjal dan mendaki. Usahakan yang mengemudi orang yang sudah berpengalaman. Pastikan kendaraan parkir dengan aman dan jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Sebelum sampai, kita akan melewati beberapa lokasi wisata di Dlingo seperti Rumah Hobbit dan Watu Goyang. Jadi banyak spot yang terletak di sebelah kiri dan kanan jalan, karena ada beberapa destinasi wisata yang berjejer di sepanjang jalan ini.

Waktu Favorit Berkunjung ke Mangunan

Konon Hutan Pinus Jogja ini awalnya merupakan tanah tandus yang tak memiliki kehidupan. Hingga akhirnya mengalami penghijauan dengan penanaman pohon pinus. Kawasan hutan pinus yang indah ini merupakan kawasan yang dikelola oleh pengelola hutan Mangunan.

Waktu favorit untuk datang ke sini adalah pukul 6 – 10 atau pukul 15 – 18 untuk menikmati sunrise. Jika masih banyak waktu tersisa bisa mampir ke tempat wisata lain di sekitar sini. Seperti perkebunan buah Mangunan hingga area makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta.

Terdapat panggung dan bangku-bangku penonton yang didesain setengah lingkaran. Semua fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung. Bahan bangku dan panggung semua dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya. Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka ini menjadi unik dan menarik.

Hutan Pinus Mangunan ini berada di daerah yang sangat tinggi sehingga membentuk seperti kanopi alami. Saat berada di bawah pepohonan hutan pinus ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama di saat pagi hari. Tak heran jika obyek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

pesona pinus jogja

Fasilitas Umum

Meskipun lokasi wisata ini bebas untuk umum, bukan berarti tanpa aturan. Harap tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bara api rokok bisa menyulut kebakaran. Buang sampah pada tempatnya dan berlakulah sopan. Jangan membuat coretan-coretan atau tindakan vandalisme di hutan ini. Jagalah hutan dan fasilitas umum yang tersedia.

Di taman wisata hutan Pinus Mangunan ini sudah tersedia fasilitas toilet umum, mushola, dll. Tidak perlu bingung jika sudah masuk waktu sholat bagi wisatawan muslim. Karena sudah terdapat mushola kecil untuk menampung para wisatawan yang hendak menjalankan ibadah sholat di area wisata ini.

Bahkan juga di sini sudah dibangun gardu pandang di atas pohon. Hati-hati dan bersabar untuk antri. Karena kapasitas gardu pandang ini sangat terbatas. Utamakan keselamatan dan jangan terlalu nafsu ingin mendapatkan spot selfie paling menarik.!!

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berwisata ke Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara study tour, field trip, outbound training, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820. Atau klik tautan di bawah ini untuk pemesanan paket wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja.

Follow Us On

Hutan Pinus Mangunan Jogja

Shares