Wisata Magelang

Taman Wisata Borobudur

Study Tour Berkeliling Taman Wisata Candi Borobudur

Taman wisata candi Borobudur adalah magnet wisata Jawa Tengah. Candi Borobudur memang punya daya tarik tersendiri memiliki relief terlengkap di dunia. Tak heran, jika Borobudur jadi tujuan para wisatawan dari penjuru dunia.

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta (sumber dari: Wikipedia).

Borobudur tidak berada di tepi jalan besar. Kamu harus masuk ke pemukiman penduduk untuk masuk ke area Borobudur. Sampai sekarang, Borobudur menjadi pusat peringatan hari besar Waisak. Tak heran jika pada peringatan Waisak banyak wisatawan yang datang turut menyaksikan parade lampion. Boleh berkunjung asal tak menganggu prosesi ibadah mereka ya..

Sebelum berkunjung ke taman wisata Borobudur, yuk baca dulu sejarah Candi terbesar di dunia ini ya.

Sejarah Candi Yang Kini Menjadi Taman Wisata Borobudur

Sampai sekarang belum ada penjelasan siapa yang membangun Candi Borobudur. Akan tetapi, candi besar tersebut diperkirakan dibangun pada pemerintahan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah atau sekitar tahun 800 masehi.

Borobudur sempat terkubur di bawah lapisan tanah dan timbunan debu vulkanik Gunung Merapi. Sekitar Borobudur sempat terlantar dan ditumbuhi semak belukar mirip perbukitan. Butuh waktu yang cukup lama untuk pemugaran dan pengumpulan artefak mulai dari 1811 sampai dengan 1902.

Baru pada 1960 Pemerintahan Indonesia mengajukan pemugaran besar-besaran terhadap Candi Borobudur. Proses renovasi baru dilakukan pada tahun 1975-1982. Borobudur masuk ke warisan dunia Unesco pada 1991.

Serunya Berkeliling di Taman Wisata Borobudur

1. Berkeliling Area Candi

Jika berkunjung ke sini, tentunya kamu wajib untuk berkeliling candi. Ada pemandu yang siap menemanimu berkeliling. Ada 2.600-an panel relief dan 504 arca Buddha yang ada di seluruh bagian candi. Itulah mengapa Borobudur disebut candi dengan relief terlengkap di dunia. Naiklah sampai ke bagian puncak, ada stupa besar di tengah candi yang dikelilingi stupa berukuran lebih kecil.

Umat Buddha menjadikan Borobudur sebagai tempat ziarah. Ada struktur tingkatan di candi tersebut yang menggambarkan kehidupan. Apa saja.? Pertama Kamadhatu, bagian terbawah candi ini melambangkan perilaku manusia yang masih memikirkan duniawi.

Kedua Rupadhatu, berada di bagian tengah yang menggambarkan alam antara. Kamu bisa melihat gambaran manusia yang ingin melepaskan nafsu dunia akan tetapi masih terikat dengan dunia nyata. Ketiga Arupadhatu, bagian teratas ini melambangkan alam paling tinggi. Ini merupakan gambaran manusia yang sudah meninggalkan nafsu dunia.

2. Berkunjung ke Museum Karmawibangga

Museum ini menyimpan relief Karmawibhangga yang tersimpan selama ratusan tahun di kaki candi Borobudur. Kamu juga bisa melihat perkembangan Borobudur dari tahun ke tahun. Bagaimana upaya Unesco mempertahankan dan melestarikan cagar budaya dunia ini.  

3. Wisata Berombongan di candi Borobudur

Keseruan lainnya adalah kamu bisa menyaksikan sunrise dan atau sunset di Borobudur.  Berkeliling ke obyek wisata di sekitar candi Borobudur menggunakan VW Safari menikmati keindahan alam di sana. Dan juga kamu bisa datang ke festival lampion setiap perayaan Waisak yang dipusatkan di taman wisata Borobudur. Keseruan tersebut dapat dipadukan dalam acara-acara lain seperti: study tour, family gathering atau wisata berombongan lainnya..

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berwisata ke Yogyakarta dalam Paket Wisata Jogja untuk acara: Study Tour Jogja, Company Tour, Field Trip Jogja, Outing Class, Family Gathering, Outbound, dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820. Atau klik tautan di bawah ini untuk informasi mengenai paket Taman Wisata Candi Borobudur.

Follow Us On

Taman Wisata Candi Borobudur

Ratunya Travel

Penyedia Jasa Wisata Edukasi (Educational Trip Organizer) sebagai salah satu wisata alternatif yang memberikan edukasi untuk pelanggan, baik itu sekolah, perusahaan, organisasi, komunitas, keluarga dan group.

Recent Posts

Balai Inseminasi Buatan Lembang

Balai Inseminasi Buatan Lembang Membahas tempat destinasi wisata di Bandung tidak lepas dari Lembang. Kawasan…

5 bulan ago

Taman Hutan Raya Bandung

Paket Lengkap Wisata di Taman Hutan Raya Bandung Taman Hutan Raya Djuanda Bandung atau terkenal…

5 bulan ago

Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang BarangCocok untuk Study Tour atau Liburan Indonesia memiliki beragam budaya yang unik,…

6 bulan ago

Museum Zoologi Bogor

Wisata Edukasi Satwa Lengkap di Museum Zoologi Bogor Berkunjung ke museum bisa menjadi pilihan tepat…

6 bulan ago

Taman Safari Indonesia Bogor

Wisata Edukasi di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor Taman Safari Indonesia Bogor merupakan salah satu…

6 bulan ago

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Field Trip Seru di Kebun Raya Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata alam…

7 bulan ago