Wisata Edukasi ke Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung adalah salah satu museum yang wajib dikunjungi oleh para siswa dan siswi untuk mengenal lebih dalam tentang Geologi dan kebumian. Museum ini memiliki bermacam koleksi berupa materi-materi geologi, mulai dari fosil, batuan, hingga mineral. Semua koleksi dan materi geologi di dalam museum ini merupakan hasil dari pengumpulan selama kerja lapangan di Indonesia sejak tahun 1850.

Saat berkunjung ke Bandung, Jawa Barat, untuk melakukan kegiatan field trip atau study tour, salah satu saran adalah mengunjungi Museum Geologi Bandung. Karena di sini adalah salah satu rekomendasi destinasi wisata edukasi yang ada di Bandung.

Museum Geologi ini berdiri pada 16 Mei 1929. Perbaikan atau renovasi dengan dana bantuan dari JICA. Setelah mengalami renovasi, museum ini dibuka kembali dengan peresmian oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2000 (sumber dari : Wikipedia).

Daya Tarik Museum Geologi Bandung

Museum ini merupakan bangunan yang menyimpan berbagai artefak sejarah yang terkenal. Mulai pengumpulan berbagai fosil, batuan dan mineral sejak tahun 1850. Dari hasil kerja lapangan yang menjadi dasar dari semua koleksi di museum ini.

Bangunan museum ini berfungsi sebagai laboratorium geologi dan gudang bahan penelitian. Pelajar dan mahasiswa banyak yang memanfaatkan keberadaan museum sebagai sarana untuk belajar. Biasanya saat siswa melakukan kunjungan study tour untuk mengeksplorasi dan mempelajari ilmu geologi secara langsung. 

Museum Geologi terdiri dari bangunan dua tingkat. Dengan ruang orientasi, sayap barat, dan sayap timur adalah tiga ruangan di tingkat pertama. Peta geografi Indonesia yang menampilkan kegiatan geologi berbentuk animasi disimpan di ruang orientasi ini.

Di sayap barat terdapat ruangan untuk menyajikan data terkait teori asal usul bumi. Karena menyajikan beragam karakteristik geologi dari banyak pulau di Indonesia, ruangan ini dikenal sebagai Ruang Geologi Indonesia.

Sedangkan sayap timur untuk mempelajari lebih lanjut tentang evolusi kehidupan dari zaman prasejarah hingga sekarang. 

Ruang di tingkat kedua menyajikan penambangan, pengeboran minyak, dan informasi tentang kelebihan dan kekurangan geologi manusia.

Fasilitas Museum Geologi Bandung

Jangan kuatir dengan fasilitas yang ada di sini. Karena fasilitas lengkap untuk menunjang proses edukasi dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang akan anda rasakan saat datang ke sini, antara lain :

  • Masjid 
  • Auditorium
  • Ruang edukasi
  • Toko souvenir
  • Poliklinik
  • Toilet

Manfaatkan fasilitas ini saat berkunjung ke sini. Sembari menjaga keindahan dan kebersihannya. Di Museum Geologi Bandung, anda bisa belajar sambil bersantai.

Jam Operasional

Buka setiap hari Selasa sampai Kamis dari pukul 09:00 – 15:00 (tutup tiket 14:30). Kemudian pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09:00 – 14:00 (tutup tiket 13:30).

Pada hari Senin, jadwal virtual tour dimulai pukul 09:00 dan berakhir pukul 13:30 WIB. Perlu diketahui bahwa museum tutup pada hari Jumat dan hari libur nasional. 

Pengunjung bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk mengikuti tur khusus ini yakni, selama liburan panjang atau tepat sebelum akhir pekan.

Hubungi Kami

Bagi anda yang hendak berkunjung ke Museum Geologi Bandung untuk acara paket study tour Bandung, atau outing class, company tour atau family gathering dapat menghubungi kami di nomer telpon: 0819-5864-3820 atau klik tautan di bawah ini untuk informasi paket wisata ini.

Follow Us On

Museum Geologi Bandung

Shares